KLB Covid-19, IAIN Pontianak Tunda Wisuda

0
353 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang masa darurat bencana wabah penyakit akibat Virus Corona di Indonesia ditetapkan hingga 29 Mei 2020.

Di samping itu, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji juga telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) karena meningkatnya jumlah korban positif terinfeksi Virus Corona tersebut.

Sebagai ikhtiar pencegahan penyebaran Virus Corona dimaksud, Rektor IAIN Pontianak telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 tahun 2020 mengenai pelaksanaan kuliah secara online atau dengan pembelajaran jarak jauh dan bekerja dari rumah mulai 16 s.d 27 Maret 2020 bagi pendidik dan tenaga kependidikan di kampus yang terletak di jantung Kota Pontianak tersebut.

Menyusul Surat Edaran itu, Rektor IAIN Pontianak juga menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Penundaan Pelaksanaan Wisuda. Surat tertanggal 18 Maret 2020 tersebut menyatakan bahwa pelaksanaan wisuda yang semula dijadwalkan pada tanggal 16 April 2020 ditunda hingga Juni 2020.

Pendaftaran peserta wisuda ditutup sementara dan akan dibuka kembali dari tanggal 30 Maret sampai dengan 30 April 2020.

Penetapan tersebut bersifat tentatif dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi Pandemik Covid-19 dan setiap perubahan akan diinformasikan secara resmi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Achmad ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (19/3/2020) siang, menjelaskan, “Wisuda kita tunda. Pertimbangannya untuk mencegah penyebaran pandemi Virus Corona. Sebagai bagian dari masyarakat dunia, sivitas akademika IAIN Pontianak berkeharusan mengambil peran dalam program peduli kesehatan manusia. Kebijakan penundaan segala bentuk kegiatan akademik, termasuk wisuda, menjadi ekspresinya. Di satu sisi, penundaan wisuda ini tentu mengecewakan bagi mahasiswa calon wisudawan. Namun di sisi lain, ada hikmah yang bisa kita petik, yaitu terbukanya peluang bagi mahasiswa lAIN Pontianak untuk menyegerakan proses penyelesaian studinya agar bisa ikut dalam wisuda yang insya Allah akan dilaksanakan di bulan Juni 2020 mendatang” terangnya.

Editor: Mulyadi
Penulis: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here