IAIN Pontianak Membuka Kesempatan kepada Putra-Putri Terbaik Melalui SPMB Tahun 2017/2018

0
939 views

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018. Bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai mahasiswa IAIN Pontianak, dapat menggunakan 3 jalur, yaitu: Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN); Jalur Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak.

Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN dilakukan secara online dimulai pada tanggal 02 Februari s/d 07 April 2017 (lihat detailnya di http://span-ptkin.ac.id/page), Jalur UM-PTKIN dimulai pada tanggal 10 April s/d 10 Mei 2017 (http://um-ptkin.ac.id) dan pada Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak dimulai pada tanggal 03 Juli s/d 21 Juli 2017 melalui online di alamat website www.iainptk.ac.id kemudian klik menu SIPENMARU. Pelaksanaan Jalur SPAN-PTKIN dan Jalur UM-PTKIN dilakukan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN, termasuk IAIN Pontianak, dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Untuk diketahui oleh para calon Mahasiswa Baru IAIN Pontianak Tahun 2017/2018, SPAN-PTKIN adalah jalur masuk khusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur undangan dengan menggunakan nilai rapot siswa berprestasi selama 5 semester yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Sedangkan UM-PTKIN adalah jalur masuk khusus PTKIN yang diadakan setelah Jalur SPAN-PTKIN yang seleksinya melalui ujian tertulis. Jalur SPAN-PTKIN tidak dipungut biaya dan Jalur UM-PTKIN dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 melalui Bank BNI. Sedangkan Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak dikenakan biaya pendaftaran (besarannya belum ditentukan, tahun 2016 Rp. 150.000) melalui Bank Kalbar Syariah.

Dr. H. Hermansyah, M.Ag., selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) IAIN Pontianak Tahun 2017/2018 mengundang kepada calon mahasiswa baru untuk mendaftar di IAIN Pontianak melalui Jalur SPAN-PTKIN. “Segeralah mendaftar di IAIN Pontianak dengan melalui Jalur SPAN-PTKIN. Selain gratis, Jalur SPAN-PTKIN ini bertujuan untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa yang berprestasi,” ajaknya.

Dr. H. Hermansyah, M.Ag. yang juga sebagai Wakil Rektor I IAIN Pontianak mengatakan, “Indonesia sekarang pada posisi bonus demografi, apabila bonus demografi itu didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, maka akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Bangsa Republik Indonesia.”

Wakil Rektor I menekankan bahwa belajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM. Oleh karena itu, Kami (IAIN Pontianak) mengajak dan menghimbau kepada putra-putri bangsa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, terutama ke PTKIN (termasuk IAIN Pontianak).

Kenapa harus ke IAIN Pontianak? Karena di PTKIN ada nilai tambahnya dari pada Perguruan Tinggi Umum, selain diajarkan ilmu umum, di sini juga diajarkan tentang ilmu agama,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here