Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengadakan Pembinaan Pegawai dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Cleaning Service. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari 19-20 Agustus 2017 di Aula Lantai IV Gedung Rektorat IAIN Pontianak dan diikuti oleh 17 orang. Narasumber yang dihadirkan ialah orang-orang sudah sudah ahli di bidang pelatihan cleaning service, yaitu Iwan Gunawan sebagai Manajer Operasional dan Iskandar sebagai Market Development PT. Cipta Jasa Selaras.

Menurut Kabag. Umum Biro AUAK, Sumarman, S.Ag., setidaknya ada dua target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pembinaan pegawai kali ini. Pertama, para cleaning service IAIN Pontianak dapat memahami dan mengerti apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan cleaning service. Kedua, para cleaning service tidak hanya menjadi pegawai pelaksana saja, yaitu kalau tidak diperintah tidak jalan. “Kalau cleaning service mengerti apa yang seharusnya dikerjakan, maka akan timbul kreatifitas dalam melaksanakan pekerjaan,” paparnya.

Kabag. Umum selanjutnya menjelaskan, “Pada 26 s/d 27 November 2016 tahun lalu, IAIN Pontianak sukses menggelar Pembekalan Keterampilan Pengamanan bagi Satpam bekerja sama dengan Polsek Pontianak Selatan. Tahun ini kita fokus ke Pembinaan CS bekerja sama dengan PT. Cipta Jasa Selaras. Saya berharap, terhitung setelah dilaksanakan pelatihan ini, para CS dapat menjalankan dan meningkatkan kinerja sesuai dengan bidangnya masing-masing,” harap Sumarman.

Sebelum membuka acara secara resmi, Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Abdullah dalam arahannya memandang perlu melakukan evaluasi terhadap kinerja yang selama ini dilakukan, khususnya bagi CS di lingkungan IAIN Pontianak. “Kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan apa yang selama ini bapak dan ibu lakukan, perlu kita perbaiki bersama. Baik dalam hal jam masuk dan pulang kerja, serta apa yang seharusnya dikerjakan sesuai dengan pekerjaan dan bidangnya yang sudah dibagi masing-masing,” jelasnya. “Evalusi ini penting. Tujuannya ialah untuk melakukan koreksi tehadap kelemahan yang masih ada dalam hal meningkatkan kinerja pegawai. Tidak hanya bagi CS, tetapi semua pegawai yang bekerja di lingkungan IAIN Pontianak harus dievaluasi dan mesti bekerja dengan baik,” tekan Kabiro.

Kabiro menganggap bahwa para CS termasuk dari tim untuk menciptakan kader-kader bangsa yang ulung dan berkualitas. “Bapak dan ibu semua yang ada di sini adalah satu tim. Kita semua adalah tim untuk menciptakan kader-kader bangsa yang ulung dan berkualitas. Oleh karena itu, kita perlu bekerja sama dengan baik dalam rangka meningkatkan kinerja di lingkungan IAIN Pontianak, paparnya. “Saya berharap kepada narasumber untuk memberikan bekal-bekal yang cukup untuk diketahui kepada para CS di lingkungan IAIN Pontianak, sehingga para CS mengetahui apa yang harus mereka kerjakan dan dapat membangun komitmen untuk bekerja dengan baik, tulus dan ikhlas, serta bermanfaat bagi orang lain,” harap Kabiro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here