Home Coming Alumni FTIK IAIN Pontianak: Workshop Profil Kiprah Alumni di Era Digital

0
170 views

Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar Home Coming Alumni FTIK IAIN Pontianak dengan tema, “Workshop Profil Kiprah Alumni Di Era Digital” di Gedung Teater IAIN Pontianak, 19 Agustus 2017. Selain menjalin silaturahmi antara FTIK IAIN Pontianak dengan alumninya, kegiatan ini bertujuan untuk mendata lulusan FTIK, khususnya Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) dan PBA (Pendidikan Bahasa Arab), serta memberikan bekal pengetahuan untuk pengembangan kapasitas diri bagi alumni FTIK.

Rangkaian kegiatan Home Coming Alumni FTIK IAIN Pontianak terdiri dari Selayang Pandang Alumni, Pemetaan (Kaleidoskop) Alumni dan Tracer Alumni FTIK IAIN Pontianak. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, yaitu Workshop Profil Kiprah Alumni di Era Digital. Kebetulan yang menjadi narasumber pada kegiatan workshop tersebut ialah alumnus dari FTIK IAIN Pontianak yang telah “berhasil” dan sekarang menjabat sebagai Warek III IAIN Pontianak, Dr. Zaenuddin, S.Ag., MA., MA.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag. Dalam sambutannya, Rektor berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi IAIN Pontianak, khususnya bagi FTIK IAIN Pontianak. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada hari ini dapat bermanfaat bagi IAIN Pontianak, khususnya bagi FTIK IAIN Pontianak sesuai dengan motto yang diusung; “Unggul dan berkualitas, maju dan berkualitas.”

Sebelum itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FTIK IAIN Pontianak, Dra. Hj. Rusnila, M.Si., menyampaikan, “Fokus utama kita mengadakan kegiatan ini ialah tracer alumni dengan tujuan data alumni yang dimiliki oleh FTIK bisa akurat. Dengan akuratnya data alumni yang dimiliki, Fakultas, alumni dan mahasiswa dapat bekerja sama dan berbagi dalam berbagai hal, baik dalam hal kebutuhan akreditasi, informasi peluang pekerjaan dan para alumni dapat membantu untuk membina mahasiswa baru FTIK yang tahun ini mencapai kurang lebih 500 mahasiswa,” jelasnya.

Wadek III melaporkan bahwa terdapat dua lembaga yang telah dibentuk FTIK IAIN Pontianak, yaitu Ikatan Alumni FTIK IAIN Pontianak dan Perhimpunan Sarjana Pendidikan Islam Indonesia (PSPII). Wadek III berharap kegiatan ini merupakan titik awal untuk menjadikan FTIK IAIN Pontianak lebih baik lagi. “Saya berharap, mudah-mudahan forum ini menjadi titik awal untuk menjadikan FTIK IAIN Pontianak lebih baik lagi kedepannya dan para mahasiswa FTIK dapat terinspirasi dari lulusan-lulusan FTIK yang sudah berhasil,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here