Profil Pusat Studi Wanita (PSW)

psw

psw#2Pusat Studi Wanita (PSW) STAIN Pontianak didirikan seiring berubahnya status IAIN Syarif Hidayatullah Cabang Pontianak menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak pada tahun 1997. Pada waktu itu STAIN-STAIN yang lain membentuk lembaga lembaga internal, slah satunya adalah pusat kajian wanita yang dikenal dengan nama Pusat Studi Wanita ( PSW) STAIN Pontianak yang didirikan pada tanggal 1 April 1999, SK yang dikeluarkan nomor 09 dengan ketua PSW Pertama yaitu Ibu Dra. Rusnila Hamid, M. Si pada tahun 2009- 2002, setelah itu dilanjutkan oleh Ibu Dra. Yusdiana, M. Si pada tahun 2002-2008, dilanjutkan lagi oleh Ibu Dr. Lailial Muhtifah M. Pd pada tahun 2008- 2012, pada tahun 2012 PSW Diketuai oleh Ibu Fitri Kusumayanti, M. Si.

PSW ini ada untuk mengatasi masalah masalah keperempuanan. Salah satunya adalah trafficking, pemerkosaan, narkoba dan lain lain. Serta dalam politik juga turut andil. Tugas PSW STAIN Pontianak adalah melakukan tugas yang di STAIN sebagai lembaga keperempuanan, Pendidikan dan pelatihan, penelitian serta kerja sama baik dalam maupun luar negeri.

Fitri Kusumayanti, M.Si

Fitri Kusumayanti, M.Si, Ketua PSW STAIN Pontianak

Tujuan didirikannya PSW adalalah untuk merealisasikan kegiatan akademik dan kegiatan sosial yang mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan kurikulum, dan pengabdian pada masyarakat dalam perspektif Islam sebagai alat bagi masalah masalah yang dihadapi wanita.

Adapun Visi dan Misi Pusat Studi Wanita (PSW) STAIN Pontianak periode 2012-2014 adalah: “ Terwujudnya relasi yang harmonis, setara dan berkeadilan antara laki-laki dan perempuan” Misi: “ Mendorong usaha bersama untuk mengembangkan dan mensosialisasikan kesetaraan gender dan pemberdayaan gender dan pemberdayaan wanita melalui kegiatan akademik dan kegiatan sosial.

Profil Pusat Studi Wanita (PSW) Humas IAIN Pontianak

Summary:

Related Posts

Leave A Comment