28 Orang CPNS Lulus Formasi IAIN Pontianak, Selamat Mengabdi dan Memajukan IAIN Pontianak

0
513 views

BOGOR (www.iainptk.ac.id) — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mendapatkan 28 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil formasi tahun 2019. Dari 28 orang itu terdiri dari 25 orang calon dosen, 1 orang perencana dan 2 orang pranata komputer. Berdasarkan komitmen pemerintah, para CPNS itu akan diterbitkan SK CPNS Terhitung Mulai Tanggal 01 Desember 2020 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN, Ibtri Rejeki, SH, MM dalam kegiatan Penyampaian Persetujuan Teknis dan Rapat Koordinasi Pencetakan SK CPNS Kementerian Agama Republik Indonesia di Hotel Swiss Bell Inn Bogor, pada Selasa (17/11/2020).

“Berdasarkan formasi awal, IAIN Pontianak mendapatkan jumlah formasi sebanyak 39 orang. Namun, setelah dilaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Psikotes, hanya 28 orang yang lulus seleksi menyisihkan 176 total pelamar” terang Kepala Bagian Umum IAIN Pontianak, Sumarman, S.Ag.

Sekretaris Panitia CPNS IAIN Pontianak itu menambahkan dari 22 Formasi yang tersedia itu, ada 4 formasi yang kosong tidak ada pelamarnya. Adapun formasi yang kosong itu adalah Dosen Perpajakan, Dosen Tasawuf, Dosen Ushul Fiqh dan Pengelola Barang Milik Negara (BMN) untuk penyandang disabilitas. Dari 176 pelamar itu yang hadir mengikuti tahap SKD sebanyak 164 orang dan yang lulus passing grade SKD sejumlah 108 orang. Peserta yang berhak mengikuti SKB sejumlah 60 orang. Kemudian yang lulus SKB sejumlah 28 orang. Alhamdulillah, mereka semua telah menyelesaikan ungguh dan unggah Daftar Riwayat Hidup dan dokumen lainnya di aplikasi sscn sesuai Perka BKN No.14 Tahun 2018. Awal Desember 2020 nanti akan kami serahkan SK,” tambahnya menjelaskan.

Adapun ke 28 CPNS yang lulus formasi IAIN Pontianak itu adalah sebabai berikut: Hani Meilita, Dini Lestari dan Wulan Wahyu sebagai Calon Dosen Akuntasi; Tina Zulfa Suryani, Cados Bahasa Arab; Sri Maulidian, Cados Dosen Bahasa Mandarin; Dwita Wahyuni, Cados Bahasa Indonesia; Fitri Susanti dan Nindya Juwita sebagai Cados Bahasa Inggris; Adinasyah dan Randi Saputra sebagai Cados Bimbingan Konseling Islam; Dina Khairunisa, Miskari, dan Eka Junila Saragih sebagai Cados Hukum Islam; Husnun Nahdiyyah, cados Hukum Keluarga; Pilga Ayong Sari, cados Manajemen Dahwah; M. Irfan, cados Ilmu Hadist; M. Fadhil, cados jurnalistik; Pipit Widiatma, Oki Anggara dan Putri Handayani Lubis sebagai cados Kewarganegaraan; Ari Widiyati, cados Sosiologi; Taufik Akbar dan Wendi Parwanto, cados Tafsir; Abdurrahman dan M. Agus Muhtadi Bilhaq sebagai cados Ilmu Al-Qur’an; Arif Masbukhin sebagai Perencana; Hasrul Rahman dan Destriyana Darmastuti, Pranata Komputer.

Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si saat diwawancarai mengatakan, “Kami ucapkan selamat kepada para peserta test CPNS Formasi 2019 yang telah lulus CPNS. Ini adalah karunia besar dari Allah. Wajib kita syukuri. Ribuan orang yang mendaftar, Anda salah satunya yang terpilih dengan hasil seleksi ketat, transparan dan akuntabel. Semoga dengan adanya tambahan tenaga aparatur sipil negara ini menambah kekuatan untuk menjadi modal memajukan IAIN Pontianak. Berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan ummat dan tentunya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat ini” tegasnya.

Berdasarkan data dari BKN, Penerimaan CPNS Formasi tahun 2019 dilaksanakan oleh 521 instansi. Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara Deputi Bidang Informasi Kepegawaian BKN RI, Heni Sri Wahyuni, memaparkan, “Secara nasional jumlah formasi sebanyak 150.371. Jumlah peserta SKB 336.768 orang. Jumlah peserta lulus pra optimalisasi 129.823 orang. Sedangkan keseluruhan yang lulus pasca optimalisasi 138.789 0rang. Adapun jumlah sanggah keseluruhan 6.378 dari 423 instansi. Sanggahan diterima 55 orang. Sanggahan ditolak 6.188 orang. Ada 135 sanggahan yang belum dijawab,” ungkapnya di Bogor, pada Selasa 17/11/2020) malam.

BKN memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama yang cepat dalam merespon serta menyelesaikan setiap tahapan. Jumlah sanggahan di Kementerian Agama sebanyak 696 orang dan semuanya telah dijawab. Ada 3 Sanggahan yang diterima Kementerian Agama dan 693 ditolak. Secara nasional total peserta lulus CPNS Kementerian Agama pasca optimalisasi sejumlah 5.179 orang.

Penulis: Aspari Ismail
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here