Penuhi Standar Pengamanan Profesional, Satpam IAIN Pontianak Ikuti Diksar Gada Pratama

0
166 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Anggota Satpam (Satuan Pengamanan) IAIN Pontianak, mengikuti kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) Gada Pratama. Kegiatan Diksar ini hasil kerjasama antara IAIN Pontianak dan Binmas Polresta Kota Pontianak. Satpam IAIN Pontianak akan mengikuti Diksar dengan SOP dari Polri melalui BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) mitra Kepolisian yaitu PT Brigade Delapan Enam. Sebelum mengikuti Diksar, Kabag Umum, Sumarman, S.Ag., dan Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga, Omar Mukhtar Al Assad, SE. M.Ak, Ak., memberikan pembekalan kepada Satpam IAIN Pontianak. Pembekalan ini disampaikan di halaman gedung Rektorat IAIN Pontianak, pada (17/11) pagi.

Kegiatan Diksar Gada Pratama Angkatan 97 ini akan berlangsung di Jalan Komyos Sudarso Gg Alpokat, Samping Kolam renang Muara Kapuas. Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 hari. Saat ini Satpam IAIN Pontianak berjumlah 15 orang. Baru 4 satpam yang sudah memiliki sertifikat, jadi ada 11 satpam yang belum. Tahun ini akan ada 9 satpam yang mengikuti kegiatan Diksar. Dua orang lainnya yang belum mengikuti karena ada kendala di kesehatan dan usia.

Sebelum berangkat setiap Satpam IAIN Pontianak akan menjalankan Rapidtes terlebih dahulu. Selain itu setiap satpam juga harus menyiapkan, alat sholat, pakaian olah raga, alat mandi, jarum jahit dan benang. Sertar rambut dalam keadaan 0,5 cm (botak). Rencana Upacara pembukaan Pendidikan dan pelatihan, akan berlangsung pada (18/11).

Sumarman, S.Ag., dalam pesannya menyampaikan tugas dari Satpam adalah untuk melakukan pengamanan di area terbatas, dalam hal ini IAIN Pontianak. Keamanan tersebut berbentuk fisik, berupa pengamanan BMN (Barang Milik Negara), kendaraan dan orang yang ada didalamnya.

Selain itu, Kabag Umum juga menyampaikan Jiwa korsa yang harus dimiliki oleh Satpam. Seperti loyalitas, saling mendukung, saling melengkapi. Karena mengamankan IAIN Pontianak, tidak bisa dilakukan sendiri, minimal berdua.

Dalam kesempatan ini, beliau juga menyampaikan, makna dari logo Satpam. Mulai dari Perisai; Melambangkan bahwa satpam merupakan perisai untuk menghadapi segala ancaman dan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya. Gada; Melambangkan kesiapsiagaan dan disiplin yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Padi dan Kapas; Melambangkan kesejahteraan yang merupakan tujuan dari pengamanan. Nyala Api; Melambangkan semangat yang berkobar-kobar dan pantang mundur terhadap setiap hambatan. Pita; Melambangkan keluwesan dalam melaksanakan tugas.

Omar Mukhtar Al Assad, SE. M.Ak, Ak., menyampaikan tujuan dari kegiatan ini. “Nantinya setiap anggota Satpam di IAIN Pontianak akan menjalankan tugas secara profesional terkiat tugas dan fungsi pengamanan sesuai SOP Satpam yang berlaku dari Kepolisian. Tugas-tugas Kepolisian terbatas dalam rangka pengamanan aset dan barang-barang berharga milik IAIN Pontianak, juga harus sesuai SOP dari Kepolisian. Kedepan, pembinaan setiap anggota Satpam, akan selalu dimonitor dan dikoordinasikan dengan Binmas Polda / Polresta Kota Pontianak”.

Oleh: Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here