Plt. Rektor Sampaikan Hasil Administrasi Penjaringan Calon Rektor IAIN Pontianak ke Menteri Agama

0
653 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pelaksana Tugas (Plt) Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd., menyampaikan hasil administrasi penjaringan Calon Rektor dan hasil pertimbangan kualitatif kepada Menteri Agama Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H. Pertemuan ini berlangsung pada Selasa (17/11) pagi. Turut hadir Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani., dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Prof. Dr. Suyitno, M.Ag.

Berkas administrasi ini diserahkan kepada Menteri Agama RI, karena telah selesainya tugas Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Pontianak masa bakti 2020-2024 dan selesainya masa pertimbangan kualitatif. Maka Plt. Rektor perlu melaporkan hasil kegiatan tersebut.

Plt. Rektor IAIN Pontianak, menyampaikan kepada Menteri Agama “Alhamdulillah, Panitia penjaringan telah berhasil menetapkan enam Bakal Calon Rektor, berdasarkan abjad yaitu: Dr. Ichsan Iqbal, SE, MM., Dr. lsmail Ruslan, S.Ag, M.Si., Dr. Lailial Muhtifah, M.Pd., Dr. Misdah, S.Ag, M.Pd., Dr. Patmawati, S.Ag, M.Ag., dan Dr. Samsul Hidayat, S.Ag, MA. Adapun tahapan pertimbangan kualitatif, Senat IAIN Pontianak tidak melaksanakan tahapan tersebut dengan berbagai pertimbangan.”

Berkaitan hal tersebut Plt. Rektor juga telah berupaya agar tahapan penilaian kualitatif tersebut bisa diselenggarakan. Seperti melakukan upaya mengirimkan tiga surat dari Pelaksana Tugas Rektor IAIN Pontianak dan satu pertemuan informal yang meminta senat untuk menyelenggarakan pertimbangan kualitatif.

Sehari sebelum bertemu Menteri Agama RI (16/11), Plt. Rektor IAIN Pontianak didampingi Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor Masa Bakti 2020-2024, yaitu sebagai Ketua, Dr. Hj. Fitri Sukmawati, S.Psi, M.Psi, Psikolog., serta 2 orang anggota, Dr. Ria Hayatunnur Taqwa, S.Ag, M.Si., dan Reka Kurniawati, SE., melaksanakan konsultasi dan koordinasi dengan Direktur Jenderal Pendidikan Islam untuk meminta arahan terkait penyampaian hasil administrasi ini. Direktur Jenderal Pendidikan Islam mengarahkan untuk langsung menyampaikan berkas kepada Menteri Agama RI.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3151 Tahun 2020, Bab III Pertimbangan Kualitatif angka 9, maka dokumen administrasi hasil penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Pontianak masa bakti 2020-2024 selanjutnya di serahkan ke Menteri Agama Republik Indonesia c.q. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Plt. Rektor menuturkan, “Alhamdulillah, tanggal (17/11) pagi Menteri Agama memberikan waktu untuk bertemu langsung beliau di Kantor Kementerian Agama Jl. Thamrin. Beliau menyambut dengan ramah dan mempersilahkan kepada Plt. Rektor untuk menyampaikan terkait dengan pelaksanaan ini.”

Secara garis besar Plt. Rektor menyampaikan “Semua proses sudah sesuai dengan mekanisme, walaupun terdapat dinamika, yaitu tidak adanya pemberian pertimbangan kualitatif dari Senat. Dan Plt. Rektor menyampaikan sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi, serta usaha dan upaya yang sudah dilakukan oleh Plt. Rektor sampai di hari terakhir 12 November 2020 sehingga terbitlah berita acara tentang hasil pertimbangan kualitatif Calon Rektor IAIN Pontianak masa bakti 2020-2024, hal ini juga ditandatangani oleh Kepala Biro IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si sebagai saksi.

Diakhir pertemuan itu Menteri Agama RI memberikan arahan dan ucapan terimakasih, atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Plt. Rektor sampai pada tahap menyerahkan berkas administrasi ini. Plt. Rektor juga berkomitmen sebagai ASN dan sebagai Plt. Rektor untuk selalu siap menerima perintah selanjutnya. Apapun yang menjadi keputusan menteri dan jajaran, akan dilaksanakan oleh Plt. Rektor sebagai bentuk tanggung jawab dan amanah yang diberikan. Untuk tahapan selanjutnya adalah tahapan penyeleksian yang akan dilakukan oleh komisi seleksi yang akan ditunjuk dan ditetapkan oleh menteri agama RI. Terkait hal itu Plt. Rektor menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Agama RI.

Oleh : Bambang Eko Priyanto
Editor : Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here