Bina Mahasiswa, Usung Program FUAD Mengaji

0
107 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id) — Pembukaan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Mengaji IAIN Pontianak yang dihadiri oleh Wakil Rektor III, seluruh unsur pimpinan di FUAD, beberapa dosen FUAD, dan instruktur dalam kegiatan FUAD Mengaji ini berlangsung hikmat di Aula Syaikh Abdul Rani Machmud, Jum’at 20/9.

Acara dimulai dengan lantunan merdu ayat suci al-Qur’an yang semakin menambah damai suasana dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Ismail Ruslan, M.Si, selaku Dekan FUAD dan Dr. Abdul Mukti, M.A. selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak serta materi dari Dr. Harjani Hefni, Lc. M.A selaku Wakil Dekan FUAD Bidang Akademik.

Dalam sambutannya Dr. Ismail Ruslan, M.Si, menyampaikan “Ada kegiatan yang dilaksanakan bersama untuk mahasiswa baru, yang pertama adalah FUAD Mengaji terdiri dari 3 program studi. Kemudian ada lagi 3 program studi yang lain melaksanakan kegiatan Literasi dipimpin oleh Bapak Dr. Yusriadi. Semester depan ini akan ditukar, adik-adik yang mengikuti FUAD Mengaji akan mengikuti Literasi dan yang Literasi akan mengikuti FUAD Mengaji,” ujarnya.

“Kegiatan FUAD Mengaji ini adalah implementasi dari motto FUAD untuk mendukung akhlakul karimah bagi mahasiswa IAIN Pontianak. Ini juga sebagai tanggungjawab kami sebagai pimpinan FUAD hari ini karena menerima amanah dari orangtua mahasiswa. Orangtua Anda menitipkan kepada IAIN Pontianak untuk memperoleh ilmu agama dan memiliki pengetahuan ilmu agama yang baik serta memiliki karakter, perilaku yang baik pula. Oleh karena itu salah satu kegiatan membina mahasiswa, kami wujudkan dalam program yang diberi nama dengan “FUAD Mengaji”. Hari ini seluruh pimpinan FUAD berkomitmen lulusan FUAD tidak ada lagi yang tidak bisa mengaji. Maka bagi yang tidak lulus disemester ini kita wajibkan untuk mengikuti FUAD Mengaji di semester depan. Bahkan tidak ada sarjana FUAD nanti yang tidak bisa mengaji. Jadi proposal boleh kita acc jika sudah lulus mengaji. Oleh karena itu kita ketat soal ini karena menyangkut nama baik institut dan FUAD. Kami berpesan ikutilah kegiatan secara serius. Karena bagi yang lulus akan diberikan sertifikat kelulusan sebagai syarat mengajukan proposal/skripsi, ” tambah Dekan FUAD.

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak, Dr. Abdul Mukti, M.A., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan suatu terobosan bagi mahasiswa baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat inovatif dan berguna terutama bagi mahasiswa. Beliau mendengar dari lingkungan FUAD yaitu ada semacam kegelisahan yang muncul terutama dari kalangan masyarakat yang menyatakan bahwa alumni IAIN ada yang tidak bisa mengaji.

“Karena itu untuk menjawab kegelisahan masyarakat mulai tahun ini terutama mahasiswa baru harus sudah sejak dini dibuatkan program untuk menjawab pertanyaan masyarakat tersebut,” ujarnya.

Sebelum kegiatan pembukaan ini berlangsung mahasiswa baru telah dites dan dipetakan. Mereka ditempatkan dikelas mahir, sedang, atau dasar sesuai kemampuan masing-masing. Adapun kegiatan FUAD Mengaji ini akan dilaksanakan selama satu semester pada setiap hari Jum’at. Tiga pekan pertama dari setiap bulan mahasiswa akan dibina dikelas masing-masing. Sedangkan pada pekan keempat seluruh mahasiswa akan digabungkan untuk mengikuti materi tambahan seperti character building yang bertujuan untuk membantu pembangunan karakter khususnya bagi mahasiswa.

Penulis: Retno Rantri
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here