BPS Goes To Campus Hadir di IAIN Pontianak: Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

0
268 views

Pontianak (www.iainptk.ac.id) — Dosen, Tenaga Administrasi dan Mahasiswa IAIN Pontianak ikuti sosialisasi sensus penduduk tahun 2020 di Auditorium Syech Abdul Rahni Mahmud Al-Yamani IAIN Pontianak, Kamis 6 Februari 2020.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum mewakili Rektor IAIN Pontianak, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, para Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Kepala Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat, Moh. Wahyu Yulianto, S.Si., SST., M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kerjasama IAIN Pontianak dalam membantu BPS melaksanakan sosialisasi di lingkungan kampus. BPS Goes to Campus merupakan upaya BPS yang ingin mendekatkan diri ke semua lapisan masyarakat, terutama generasi milenial, adik-adik mahasiswa.

“BPS tidak bisa apa-apa, tidak berarti apa-apa, apabila masyarakat tidak membantu kegiatan BPS,” ujar Kepala BPS. Beliau menjelaskan bahwa, BPS selama ini terus memperbaiki diri, baik dari segi konsep, teknologi, metodologi dan lain sebagainya. BPS telah menghasilkan data yang berkualitas, akurat yang tentunya dapat digunakan sebagai bahan perencanaan, evaluasi pemerintah untuk menentukan sebuah kebijakan yang pada ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkhusus Kalimantan Barat.

Oleh karena itu, menurut beliau, sensus penduduk 2020 menjadi penting, bukan hanya bagi BPS, tetapi untuk negara dan masyarakat luas.

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga membuka acara sosialisasi ini secara resmi. Beliau menyampaikan permohonan maaf pak Rektor karena berhalangan hadir.  Meskipun masih libur semester, mahasiswa tetap hadir memenuhi ruangan. Wakil Rektor mengatakan, “Jika kegiatan ini di awal Maret, maka akan hampir dapat dipastikan ruangan ini akan dipenuhi mahasiswa”.

Wakil Rektor juga menawarkan kerjasama jika ada program BPS yang akan dikolaborasikan. Maksudnya, sinergi antara keilmuwan IAIN Pontianak dengan program BPS. “Kami siap membantu melibatkan mahasiswa, baik sensusnya maupun yang lainnya” tegas Pak Firdaus.

Selama ini IAIN Pontianak memang telah menjalin kerjasama dengan banyak lembaga. Beliau berharap kegiatan ini memiliki makna yang bisa menghasilkan sesuatu yang besar. (*)

Editor: Mulyadi
Penulis: Heriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here