-

Demi Menyukseskan PBAK Online 2020, Panitia Maksimalkan Persiapan

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Panitia pelaksana kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara online tahun2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, maksimalkan persiapan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh sekretaris panitia pada Kamis, (17/9/20).

Pelaksanaan PBAK 2020 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga pelaksanaannya dilakukan secara daring atau online.

Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama sekaligus sekretaris panitia PBAK online 2020, Nur’ Abidah, S. Pd. I menyampaikan hal-hal yang telah dipersiapkan seperti pembagian bidang kerja dan tugas-tugasnya.

“Secara teknis kita melakukan pembagian bidang seperti, bidang kesekretariatan, Informasi dan Teknologi (IT) dan dokumentasi, humas, konsumsi, seksi acara, kemudian mentoring dan lain sebagainya,” paparnya.

Kemudiaan, untuk persiapan awal kita mempersiapkan apalikasi yang didesain oleh kawan-kawan IT yang dikoordinatori oleh bang Taqin, kemudian kemarin kita publish bersama dengan pimpinan.

“Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan Pusat Teknologi Informasi dan Data (PTID) terkait dengang dukungan bandwidth internet untuk ketersediaan jaringan yang memadai, menyurati PLN terkait dengan listrik, kemudian untuk dukungan sapras kita bekerjasama dengan kasubbag Tata Usaha, Humas, dan Rumah Tangga, karena beliau terlibat sebagai koordinator humas dan perlengkapan dalam kepanitiaan,” ungkapnya saat ditemui diruangannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk persiapan yang sudah dilakukan terkait dengan surat menyurat, kami telah mengajukan surat permohonan kepada Dirjen. Pendis untuk menjadi pemateri.

“Untuk surat menyurat kepada seluruh pemateri telah rampungkan, hanya saja pemateri sifatnya daring, jadi kita hanya mendapat recording dari para pemateri, kemudian surat kepada seluruh pemateri sudah tersebar kepada seluruh pimpinan, dan alhamdulillah semua pemateri sudah melakukan recording,” imbuhnya.

Selain dari pada hal-hal teknis seperti surat menyurat yang digelar sebagai bentuk mensukseskan PBAK ini, pihak panitia juga kerap adakan pertemuan guna membahas hal-hal yang teknis seperti pertemuan panitia dengan panitia, kemudian pania dengan seluruh mentor.

“Beberapa rapat sudah kita lakukan pertama rapat koordinasi terkait mempublish konsep aplikasi yang telah dipersiapkan oleh tim IT, kemudian bagaiamana terkait sitem pendaftaran PBAK online, rapat koordinasi panitia dengan pimpinan Ormawa, hingga pertemuan panitia dan seluruh mentor dengan membahas gambaran pembukaan daring dan tugas-tugas mentor yang nantinya akan menjelaskan kepada anggotanya,” tandasnya.

Ia juga berharap kepada seluruh peserta agar bisa mematuhi protokol covid, kemudian mereka bisa mengikuti semua materi yang nantinya akan disampaikan.

“Dan mudah-mudahan ia menjadi bagian dari orientasi dari kemahasiswaan secara akademik tercapai semua, walaupun medianya kita lakukan secara daring, sukses selalu dan terus semangat kepada seluruh panitia,” harapnya.

koordinator IT PBAK 2020, Khairul Mutaqin, S. Pd. I juga menyampaikan hal-hal yang telah dipersiapkan nya beserta tim nya.

“Kami di IT dari awal sudah membuat video tutorial untuk memudahkan para peserta untuk mendaftar PBAK, kemudian disitu juga tertera panduan bagaimana cara menjadi peserta PBAK, dan video tersebut bisa diakses di youtube dan website IAIN. Selain itu, kita juga minta seluruh peserta untuk mengisi formulir online yang hingga hari ini sudah ada sekitar 1.800 an orang yang sudah mendaftar,” tuturnya.

Kemudian dari data yang telah diperoleh nantinya masing-masing peserta akan dipecah menjadi per wilayah, berdasarkan wilayah masing-masing. Sedangkan mengenai group atau kelompok nanti akan dibagi per kelompoknya 50 orang dengan 2 mentor.

“Sedangkan untuk penentuan kelompok nanti berdasarkan wilayah nya, misal di Pontianak maka akan disatukan dengan sesama wilayah yang ada di Pontianak begitu juga sampai seterusnya, dan itupun akan dicampur dengan seluruh prodi yang dimasing-masing fakultas,” imbuhnya.

Selanjutnya, mengenai akun yang digunakan untuk pelaksanaan PBAK online ini menggunakan beberapa akun media yang telah panitia tim IT sediakan.

“Mengenai media yang akan digunakan ada beberapa seperti, facebook, youtube whatshap, zoom meeting, website dan lain-lain, itupun telah kami siapkan,” pungkasnya.

Oleh: Bambang dan Sholeh
Editor: Omar Mukhtar

Print Friendly, PDF & Email