Info Pelaksanaan Tes UM-PTKIN IAIN Pontianak

0
312 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan dilaksanakan secara online di rumah masing-masing. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian dilaksanakan di Kampus. Peserta ujian bisa menggunakan perangkat smartphone atau laptop.

Peserta yang sudah lolos tahap administrasi dan memperoleh kartu peserta, dapat melakukan simulasi ujian online dimulai dari tanggal 23-26 Juli 2020. Disarankan untuk mengikuti simulasi ujian online ini untuk menambah pemahaman dan pengalaman, ketika akan melaksanakan ujian secara resmi.

Peserta yang akan mengikuti UM-PTKIN, dapat mendownload aplikasi SSE pada tanggal 15 Juli 2020. Aplikasi ini hanya dapat didownload menggunakan Komputer/Laptop dan Android. Bagi pengguna Iphone tidak bisa. Peserta dapat mendownload di https://www.um-ptkin.ac.id/home/aplikasi

Jadwal ujuan akan dibagi persesi, satu hari maksimal 3 sesi. Diharapkan peserta teliti dalam melihat jadwal ujian di kartu ujian masing-masing. Bagi yang belum cetak kartu ujian dapat login di https://www.um-ptkin.ac.id/ kemudian isi nilai raport dan cetak kartu ujian.

Semua informasi tentang jadwal, tata cara, alur, tata tertib, dan install aplikasi sudah tesedia di kartu ujian. Selain itu kegiatan tes UM-PTKIN ini berlangsung selama 4 hari, dimulai dari tanggal 3-6 Agustus. Serta Setiap peserta akan mengikuti 1 kali ujian selama 100 menit dengan jumlah 90 soal.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pontianak, Suyati, S.Ag., menekankan “Semua tatacara sudah ada petunjuknya di kartu ujian, jadi calon mahasiswa diharapkan dalam mencetak kartu ujian, harus dibarengi dengan lampiran dibelakangnya.”

Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik IAIN Pontianak, Syarif Akhmad Fauzi, ST., menginformasikan “Jumlah peminat di IAIN Pontianak jalur UM-PTKIN saat ini berjumlah 1.493 orang dan bisa bertambah hingga tanggal 20 Juli, karena masih ada yang belum melakukan finalisasi. Selain itu Tes UM-PTKIN ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Sebagian besar kegiatan teknis dikerjakan oleh Panitia Nasional, namun di tingkat panitia lokal (IAIN Pontianak) juga akan ada pengawasan kepada peserta.

Editor: Omar Mukhtar Al Assad
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here