LP2M IAIN Pontianak Terima Kunjungan Studi Banding LP2M IAIS Sambas

0
596 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Ketua Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak, Sukardi didampingi Sekretaris LP2M Dr. Yusriadi M.A dan Kasubbag Tata Usaha LP2M, Dr. Mujiono, M.Pd menerima kunjungan studi banding Ketua LP2M Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS Sambas), Dr. Aslan, M.Pd.I, Kepala Pusat PKM, Rusiadi, M.Ag, dan Suhari, M.S.I, Kepala Puslabtrama IAIS Sambas, Jumat (11/9) di Rumah Jurnal LP2M IAIN Pontianak.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua LP2M IAIS Sambas beserta rombongan di IAIN Pontianak. Ia berharap kunjungan ini dapat menjalin kerjasama yang baik ke depannya.

Ia juga menginformasikan jika di LP2M IAIN Pontianak ada 3 kepala pusat. Pertama, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan, Imron Muttaqin, M. Pd.I. Kedua, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Fahrul Razi, M.Pd. Kepala Pusat Studi Gender dan Anak, Fitri Kusumayanti, M.Si.

Dalam penuturannya, Sukardi menjelaskan bahwa di antara kegiatan LP2M IAIN Pontianak yang berkaitan dengan Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM). PPM ini melibatkan mahasiswa maupun dosen. Misalnya; pertama, KKL Kebangsaan biasanya kami tempatkan di perbatasan. Kedua, KKL Revolusi Mental bekerjasama dengan pihak luar. Ketiga, KKL Sarawak biasanya dilakukan 2 kali setahun. Keempat, KKL Mandiri, ini berlangsung setiap tahunnya, mahasiswa yang menentukan lokasi. Kelima, Desa binaan dan Madrasah Binaan, baik itu untuk pemberdayaan ekonomi maupun bimbingan ke guru madrasah yang memerlukan bimbingan pengisian borang akreditasi hal ini melibatkan dosen-dosen yang ditunjuk dari LP2M. Keenam, Ihya’ Ramadan baik itu buka bersama maupun kerjasama rekaman kuliah tujuh menit (kutlum) menjelang buka puasa seperti pada puasa kemarin. Ketujuh, program pengabdian pada masyarakat perbatasan, yakni mengirim mahasiswa untuk pengabdian ke perbatasan, dan masih banyak lagi program lainnya merupakan kegiatan dari tiga pusat LP2M, termasuk didalamnya Program Kampung Riset merupakan program unggulan IAIN Pontianak yang diakui oleh PTKIN di Indonesia.

Ketua LP2M IAIS Sambas, Dr. Aslan, M.Pd.I mengucapkan terima kasih dan menerima kunjungan studi banding ke LP2M IAIN Pontianak. “Terima kasih telah menerima studi banding di tengah pandemi Covid-19 ini. Lebih khususnya lagi kami ingin mendalami proses Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) di IAIN Pontianak, yang bisa kami implementasikan nantinya. Karena memang kami merasa harus lebih banyak belajar kepada LP2M IAIN Pontianak. Terakhir, ketua LP2M IAIS SAMBAS juga meminta bantuan agar ada dosen IAIN Pontianak yang mau sebagai reviewer jurnal kami,” Terangnya.

Kedua lembaga ini berharap setelah kunjungan ini akan ada Perjanjian Kerjasama (PKS), yang dapat membuka ruang untuk saling bertukar informasi atau kerjasama.

Oleh: Heriansyah
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here