Meriahkan Hari Jadi Kota Pontianak, Perpustakaan IAIN Pontianak Ikuti Book Bazar dan Literasi

0
611 views

Pontianak (iainptk.ac.id)–Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Pontianak ke-248, Perpustakaan IAIN Pontianak mengikuti Book Bazar dan literasi Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak. Kegiatan Bazar tersebut dipusatkan di area parkiran Mega Mall Pontianak, 16 – 20 Oktober 2019.

Adanya event ini disambut baik oleh perpustakaan dan para pegiat literasi yang ada di kota Pontianak. Salah satu program perpustakaan adalah promosi perpustakaan. Kegiatan ini urgen untuk dilakukan secara kontinyu di era ledakan informasi. Masyarakat perlu diperkenalkan dengan produk/informasi yang dimiliki Perpustakaan IAIN Pontianak. Promosi merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar perpustakaan IAIN Pontianak dikenal lebih dekat oleh masyarakat dan menjadi salah satu sumber informasi yang ada di tengah masyarakat milenial kalbar.

Pada kesempatan ini diperkenalkan koleksi unik yaitu koleksi IAIN Pontianak Corner. Koleksi ini merupakan buku-buku yang ditulis oleh sivitas akdemika IAIN Pontianak (lokal konten) dan diterbitkan oleh stain/iain press.

Selain itu juga ditampilkan koleksi keagamaan terpilih yang dimiliki antara lain al Quran dan terjemahannya dalam berbagai bahasa daerah seperti: Dayak Kanayan, Sasak, Batak, Bali, Banyumas, Ambon, Kaili. Buku-buku yang hadir pada stand pameran kali ini menyapa pengunjung dengan berbagai subjek keilmuan baik kajian bidang agama maupun umum.

Tati Hartati petugas perpustakaan IAIN Pontianak saat ditemui dilokasi bazar mengungkapkan pameran dibuka setiap hari selama kegiatan mulai dari pukul 10:00 pagi hingga pukul 22:00 malam tersebut, telah banyak dikunjungi oleh mahasiswa IAIN Pontianak dan masyarakat sekitar Pontianak yang berkunjung di stand. Menjelang sore sore dan malam tinggkat pengunjung semakin banyak ada sekedar membaca buku dan bersantai di lapak yang telah di sediakan kursi mini untuk membaca, yang sengaja di bawa ke lokasi bazar buku.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Rektor IAIN Pontianak berkenan hadir bersama keluarga di stand perpustakaan kita” ujarnya sumringah.

Ditengah padatnya pengunjung yang beraneka ragam bukan hanya dari kalangan mahasiswa tetapi semua pegiat literasi memeriahkan diskusi ringan yang dilakukan. Belum lagi karena ikut bahagia karena adanya event literasi. Seperti kita ketahui bahwa saat ini perpustakaan mejadi tempat semua hal: bercerita dan mencari ilmu.

Lebih lanjut Taty berharap kedepan perpustakaan bisa diperhatikan sehingga benar menjadi shoroom imformasi. Terutama membaca karya dosen dan mahasiswa IAIN Pontianak.

Pada pameran kali ini pengunjung juga dapat membeli langsung buku yang dipamerkan atau memesan buku yang diterbitkan stain/iain press.

Penulis: Tety dan Abdullah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here