Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menyambut hangat program penerbit buku nasional Mizan yang bertajuk “Mizan Goes to Campus”. Program ini berisi beragam rangkaian kegiatan seperti workshop menulis, seminar career path dan diskusi buku. Di samping program tersebut, pihak Mizan juga melakukan sosialisasi penerbitan buku, beasiswa Mizan dan KBM Akademia. Kemeriahan agenda semakin terasa lengkap dengan tersedianya stand bazar buku, pembagian doorprize oleh panitia kepada pada peserta, serta lomba postingan foto selama mengikuti rangkaian acara. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 2-3 Mei 2018 berlokasi di Auditorium Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

Dr. Hermansyah, M. Ag Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak secara resmi membuka rangkaian kegiatan tersebut pada Rabu pagi, 2 Mei 2018. Ia menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi yang besar kepada pihak Mizan yang telah memilih lokasi kunjungan. Ia juga memaparkan bahwa kegiatan ini dapat disinergikan secara berkelanjutan, mengingat di IAIN Pontianak memiliki club menulis yang sangat produktif dan banyak mahasiswa yang berprestasi dalam bidang karya tulis ilmiah. “Terlebih tema kegiatan yang sangat menarik dan relevan dengan perkembangan kehidupan beragama di Indonesia saat ini. Sinergisitas yang terjalin diharapkan mampu menopang tujuan perguruan tinggi Islam sebagai basis keislaman yang moderat dan toleran,” tuturnya.

Sementara itu, CEO Mizan Ahmad Baiquni menyatakan bahwa program Mizan Goes to Campus telah berlangsung di beberapa perguruan tinggi di Indonesia sejak tahun 2017. “Kunjungan ini telah terlaksana di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, IAIN Ponorogo, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Surakarta, IAIN Tulungagung, dan beberapa kampus lainnya,” pungkasnya. IAIN Pontianak sendiri merupakan kampus pertama yang dikunjungi oleh program Mizan Goes to Campus di Pulau Kalimantan. “Tentu pemilihan ini mempertimbangkan sebaran georafis dan potensi perguruan tinggi yang bersangkutan,” paparnya. Ia juga menyatakan keinginannya untuk terus menjalin kerjasama dalam bidang literasi dengan pihak IAIN Pontianak ke depannya. “Kegiatan ini bertujuan kembali mendekatkan penerbit Mizan dengan para pembacanya, khususnya kalangan perguruan tinggi,” tambahnya.
Salah seorang peserta workshop menulis Munawarah mengaku merasa sangat terkesan dengan kegiatan tersebut. ia menyatakan kegembiraannya karena materi yang disampaikan sangat memotivasi dirinya untuk terus menulis dan menerbitkan karya tulisnya. “Materinya sangat menarik dan sangat membantu kami sebagai mahasiswa dalam dunia tulis menulis dan penerbitan,” ungkapnya. Ia juga menambahkan harapannya agar kegiatan seperti ini terus berlanjut. “Mudah-mudahan kami juga diberikan bimbingan yang intensif dari penyelenggara workshop untuk menghasilkan karya-karya yang berkualitas,” pungkasnya.
(Andry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here