Pertama Kali, Rapat Nasional Kelulusan SPAN-PTKIN 2020 Lewat Teleconference

0
382 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Kementrian Agama Republik Indonesia gelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai kelulusan SPAN-PTKIN tahun 2020. Pertama kalinya, Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Menteri Agama RI dan seluruh Pimpinan PTKIN seluruh Indonesia ini menggunakan metode Cloud Meeting Teleconference atau pertemuan jarak jauh melalui perantara aplikasi Zoom Meeting.

Pertemuan ini dilakukan karena untuk menyikapi Wabah COVID-19 yang belum kunjung mereda. Walau demikian, agenda ini tetap digelar sebagaimana mestinya yang disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh ratusan partisipan yang terdiri dari para Rektor, Panitia Lokasi (Panlok) SPAN-PTKIN tahun 2020, dan Wakil Rektor dari seluruh PTKIN se Indonesia.

Dari IAIN Pontianak, penyampaian hasil seleksi SPAN-PTKIN tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Achmad, M. Hum yang juga merupakan Ketua Panitia lokasi, Sekretaris Panlok dan juga Kabag Kemahasiswaan IAIN Pontianak, Suyati, S.Ag.

Menurut Suyati, rapat kelulusan SPAN-PTKIN 2020 yang diadakan oleh Kementrian Agama kali ini berbeda mengingat Pandemi COVID-19. “rapat kelulusan SPAN-PTKIN 2020 ditahun ini memang beda. Karena mengingat adanya wabah COVID-19 ini makanya diadakan rapat secara online oleh kementrian agama”, katanya.

genda rapat secara online tersebut berlangsung hampir 2 jam dengan pemaparan hasil data seleksi yang sudah ditetapkan oleh pusat. Dr. Firdaus Achmad mengatakan bahwa rapat atau FGD nasional ini baru pertama kali digelar pada tahun ini oleh panitia SPAN-UM PTKIN karena Virus Corona.

“Memang baru tahun ini, karena kita sedang mengalami Pandemi akibat Virus Corona, panitia SPAN-UM itu mengadakan rapat atau FGD dalam bentuk Teleconference menggunakan Zoom meeting”, katanya.

Menurut Dr. Firdaus Achmad, dengan adanya Pandemi wabah Corona Virus Disease (COVID-19) terdapat hikmah dibalik kejadian ini. ”Hikmahnya, walaupun kondisi kita sekarang ini dalam masa kecemasan, proses kerja SPAN tetap berjalan salah satunya dalam bentuk FGD. Ini kegiatan pertama kali dari panitia SPAN 2020 yang menentukan kelulusan untuk jalur seleksi penerimaan melalui prestasi akademik”, ungkapnya.

Editor: Mulyadi
Penulis: Farli Afif & Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here