Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (DEMA-IAIN Pontianak) menyelenggarakan kegiatan Pertamina Goes to Campus pada Kamis, (12/4/2018). Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara DEMA IAIN Pontianak dengan PT. Pertamina. Kegiatan yang disebut ‘Diskusi Publik’ ini sendiri dimulai pukul: 08.30 sampai selesai bertempat di Gedung Teater Biro AUAK IAIN Pontianak. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, MA, Manager Marketing Pemasaran PT. Pertamina Kalimantan Barat, Teuku Johan, dan Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pontianak, Suyati, S.Ag.

Dalam sambutannya, Burhanuddin, Presiden Mahasiswa IAIN Pontianak menyampaikan jika acara ini merupakan kegiatan Pertamina Goes to Campus pertama dari PT. Pertamina khususnya di Kalimantan Barat. Hal ini patut diapresiasi oleh IAIN Pontianak selaku tuan rumah karena dipercayai untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi Mahasiswa IAIN Pontianak. DEMA IAIN Pontianak secara konsisten memang sedang fokus membuat kegiatan yang berkenaan dengan informasi atau permasalahan yang ada di masyarakat. Acara ini setidaknya akan diupayakan sebulan sekali. Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari beberapa kampus yang ada di luar Kalimantan Barat, mereka menyebut jika kegiatan ini dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa khususnya terkait persoalan yang sedang marak di masyarakat tentang kenaikan BBM.

“Sebenarnya inisiatif dalam kegiatan ini mengambil dari keluhan masyarakat tentang kenaikan BBM. Sebenarnya kemarin kita diajak gabung untuk aksi, namun untuk sementara DEMA IAIN Pontianak menarik dulu untuk tidak ikut aksi. Nah, salah satu inisitif yang lebih konkrit DEMA mengambil langkah untuk mengadakan diskusi publik yang hari ini diadakan.” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Teuku Johan selaku Manager Marketing Pemasaran PT. Pertamina menjelaskan jika kegiatan ini merupakan ajang silaturahim dan sarana komunikasi yang efektif antara Pertamina dengan stakeholders terutama mahasiswa. Teuku Johan mengucapkan terima kasih kepada IAIN Pontianak atas kesempatan yang diberikan dalam kegiatan ini. Kemudian ia juga mengapresiasi usaha dan kerja keras dari pihak DEMA IAIN Pontianak atas inisiatif dan keberhasilannya melaksanakan kegiatan ini serta menyusun program-program yang produktif bagi mahasiswa. Ia juga menambahkan jika dalam kesempatan kali ini dirinya akan berbagi informasi dan pengetahuan tentang Pertamina serta bagaimana Indonesia menghadapi kedaulatan energi ke depan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, MA mengatakan, “Jika apa yang disampaikan oleh Pak Johan itu menarik dan penting. Oleh karena itu perlu disimak bersama paparan yang akan disampaikan nantinya khususnya yang berkenaan tentang energi. Masalah energi ini sangat penting karena mendapat informasi yang benar hingga nantinya dapat menginformasikan dan meluruskan apa-apa yang berkembang di masyarakat.” paparnya.

“IAIN Pontianak mulai berbenah. Maka dari itu kami berkembang ke atas dan nantinya ke samping. Maksudnya kami sedang mencari peluang dengan pihak luar untuk mengembangkan IAIN Pontianak menjadi UIN. Salah satunya mencari lahan untuk kampus 2. Karena mahasiswa kita saat ini 6000 lebih, sedangkan animo masyarakat untuk kuliah di IAIN Pontianak sangat tinggi. Apalagi nantinya jika menjadi UIN akan banyak jurusan maupun prodi umum. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini PT. Pertamina memiliki kepedulian terhadap IAIN Pontianak untuk ikut bersama mengembangkan kampus tercinta ini.” jelasnya.

“Mudah-mudahan tumbuh tinggi dan menyampingnya IAIN Pontianak bagus. Oleh karena itu kami juga mohon dukungan dari Pertamina. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, tak kenal maka tak sayang. Mahasiswa harus menjadi agen di masyarakat. Sampaikanlah apa yang diinformasikan oleh Pertamina dalam kegiatan ini nantinya untuk menjadi informasi penting bagi masyarakat.” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here