Plt. Rektor IAIN Pontianak Tandatangani MoU dan Dukung Kegiatan Wisuda Hafizh dan Hafizhah Se-Kalbar

0
240 views

Plt. Rektor IAIN Pontianak Tandatangani MoU dan Dukung Kegiatan Wisuda Hafizh dan Hafizhah Se-Kalbar

Pontianak (iainptk.ac.id) – Plt. Rektor IAIN Pontianak mendapatkan undangan untuk menghadiri di kegiataan Wisuda Hafizh dan Hafizhah Se-Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (18/10) Pagi. Berlokasi di Pendopo Gubernur Kalbar.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji., sendirilah yang mewisuda para penghafal al-Quran yang berjumlah 50 orang ini. Mereka ada yang berasal dari Kota Pontianak 21 Orang Hafizh dan Hafizhah, dan 29 Orang Hafizh dan Hafizhah dari Kabupaten Kubu Raya. Semuanya telah menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H Sutarmidji mengatakan “Sebetulnya yang ikut tes berjumlah 90 orang . Akan tetapi yang lolos wisuda sebanyak 50 orang. InsyaAllah bulan depan akan kita tes lagi untuk beberapa Kabupaten, karena yang kemarin mengikuti tes hanya Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak. Jadi bulan depan akan kita tambah Kabupaten-Kabupaten lain, karena kondisi Covid-19 jadi terbatas,” ujarnya.

Beliau juga meminta kepada seluruh pengasuh lembaga Tahfiz Qur’an untuk betul-betul memperhatikan para calon Hafiz dan Hafizah. “Mudah-mudahan selain hafal Qur’an mereka juga bisa melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi sebagaimana tadi sudah kita MoU kan dengan berbagi perguruan tinggi yang ada di Kalbar.”

“Nanti ada satu lembaga yang mungkin menghimpun dana-dana dari donatur untuk membantu biaya pendidikan dari Hafiz dan Hafizah dalam hal melanjutkan ke perguruan tinggi maupun yang lainnya. Saya harap ini bisa kita wujudkan dan saya yakin dengan adanya lembaga itu kita akan lebih mudah dalam memberikan bekal ilmu kepada mereka yang sudah hafal Qur’an,” harapnya.

Plt. Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd., menyambut baik harapan dari Gubernur Kalbar dan berharap dengan adanya MoU yang telah ditandatangi, maka IAIN Pontianak akan merealisasikan kerjasama ini dengan memfasilitasi hafiz hafizhah ini untuk bs melanjutkan studi S1 atau bahkan S2 ke IAIN Pontianak “

Beliau juga menambahkan, “di IAIN Pontianak Kita akan upayakan juga bagi calon mahasiswa dari hafiz dan hafizhoh bukan hanya jalur masuk ke IAIN pontianak tanpa test, tapi juga menyiapkan satu program beasiswa khusus untuk hafiz hafizhah

Terakhir beliau berharap ” semoga IAIN Pontianak akan lebih banyak memiliki mahasiswa dan alumni yg unggul dan salah satunya adalah mahasiswa dan alumni yg hafiz dan hafizhah, insyaAllah dari mereka semua kita akan memiliki SDM yg unggul yang dapat membantu untuk kemajuan IAIN Pontianak yang ulung dan terkemuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman dan kebudayaan borneo.

Oleh : Bambang Eko Priyanto

Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here