Rektor IAIN Pontianak Kampanye Moderasi Beragama di Dunia Internasional

Brunei Darussalam (iainptk.ac.id) – Di Panggung Internasional Convention Center Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Rektor IAIN Pontianak, Prof. Dr. KH. Syarif, S.Ag., MA., menyampaikan pesan penting tentang moderasi beragama dalam Konferensi Islam Borneo ke-15. Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta dari 40 perguruan tinggi internasional pada Selasa (06/06/2024).

Acara ini menjadi ajang untuk merenungkan kembali nilai-nilai Islam dan merancang masa depan yang lebih baik. Dibuka oleh Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah bin Omar Ali Saifuddien, konferensi ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejarah dan warisan Islam sebagai fondasi untuk pembangunan peradaban yang berkelanjutan.

Salah satu sorotan utama konferensi adalah paparan dari Rektor IAIN Pontianak, Prof. Dr. KH. Syarif, S.Ag., MA., tentang pentingnya moderasi beragama dalam konteks global saat ini. Ia menggambarkan bagaimana kurangnya pemahaman tentang moderasi beragama telah menyebabkan tragedi kemanusiaan seperti pembantaian atas nama agama, politisasi agama, serta tindakan radikalisme dan terorisme.

Dengan penuh kewibawaan, Prof. Dr. KH. Syarif, S.Ag., MA., menjelaskan bahwa moderasi beragama bermakna sikap sedang dan tengah-tengah, yang mendorong keadilan dan menghindari ekstremisme. Melalui kutipan dari Kitab Mu’jam Maqayis al-Lughah dan KBBI, ia mengilustrasikan betapa pentingnya sikap moderat dalam membangun hubungan antarumat beragama yang penuh  penghormatan dan penghargaan.

Lebih lanjut, Prof. Syarif menegaskan pentingnya kerja sama lintas agama dalam menciptakan perdamaian, dengan menyoroti beberapa ayat Al-Qur’an yang mengajarkan tentang kebersamaan dan perdamaian.

Dengan pesan yang tajam dan relevan, Rektor IAIN Pontianak membawa kontribusi berharga dalam upaya memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama, membangun pondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih harmonis.

Penulis : Abd. Hasan
Editor : Bambang

Print Friendly, PDF & Email