Pascasarjana IAIN Pontianak menyelenggarakan Studium General dengan tema: Membangun Konfidensi dalam Memahami Studi Keislaman, Jumat (27/4) bertempat di Aula Wisma Nusantara Pontianak. Hadir sebagai narasumber Guru Besar sekaligus Rektor Universitas Riau Kepulauan, Prof. Dr. Nasaruddin Harahap. Hadir pula Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, MA, Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Misdah, MA, Dekan FTIK IAIN Pontianak, Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd, serta para dosen di lingkungan Pascasarjana IAIN Pontianak. Puluhan peserta dari kalangan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Pontianak turut hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut.

Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak yang diwakili oleh Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Misdah, MA menjelaskan stadium general ini merupakan kegiatan yang sudah direncanakan dan dipersiapkan anggarannya. Sebagaimana lazimnya pada saat penerimaan mahasiswa baru, studium general dianggap sebagai pemahaman awal mahasiswa terhadap bidang keilmuan yang akan dipelajarinya selama kuliah. Jika sebelumnya studium general dilaksanakan 2 kali dalam 2 semester. Namun di tahun 2018, studium general hanya dilaksanakan 1 kali dalam 2 semester. Hal ini berkenaan dengan kebijakan dari pusat.

Ia pun menambahkan jika studium general yang dilaksanakan kali ini, menjadi momen yang berharga bagi semua yang hadir dalam kesempatan ini. Sebab tema yang diangkat yaitu Membangun Konfidensi dalam Memahami Studi Keislaman. Tema seperti ini menjadi hal baru dan belum tentu bisa didapatkan dalam kesempatan yang lain. Apalagi dengan narasumber yang kompeten seperti Prof. Dr. Nasaruddin Harahap. Harapannya, tema ini dapat menjadi khazanah keilmuan dan pengetahuan bagi mahasiswa, dosen, serta pengelola pascasarjana dalam memahami studi keislaman.

Plt. Rektor IAIN Pontianak, diwakili Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Zaenuddin, MA mengungkapkan sepertinya yang membuat tema studium general ‘kurang percaya diri’. Oleh karena itulah studium general ini dilaksanakan agar kita lebih percaya diri dalam memahami pengetahuan khususnya tentang studi keislaman. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan percaya diri, salah satunya harus melakukan kerjasama. Saat ini IAIN Pontianak telah melakukan upaya kerjasama dengan Malaysia dalam bidang PPM di Sarawak, Malaysia. Ternyata Universitas Riau Kepulauan memiliki kegiatan yang hampir sama yakni melakukan KKN ke Johor, Malaysia. Jika diperlukan Mahasiswa Pascasarjaan melakukan KKN disana, maka Pascasarjana insyaAllah siap untuk mengirimnya.

“Saya kira program kerjasama ini bisa kita bangun. Sehingga mahasiswa kita selain percaya diri secara kelimuan, selain itu percaya diri secara penampilan. Karena kalau semangat dan ilmunya sudah dimiliki, maka kita bisa menguasai materi. Terima kasih kami ucapkan kepada Prof. Dr. Nasaruddin Harahap yang telah berkenan hadir dan membagikan ilmunya. Semoga berkah dan bermanfaat bagi kita semua” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here