Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama sekaligus Pembina Pramuka, Dr. Zaenuddin, MA melepas Kontingen IAIN Pontianak untuk menghadiri Perkemahan Wirakarya Nasional XIV Riau, 3 s.d. 10 Mei 2018 pada Jumat (27/4) di Gedung Rektorat Lantai IV. Turut hadir dalam pelepasan yakni Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. Syahrul Yadi, M.Ag, Dekan FTIK IAIN Pontianak, Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Suyati, S.Ag beserta jajaran, perwakilan DEMA, UKM, dan UKK di lingkungan IAIN Pontianak.

Dalam sambutannya, Dr. Zaenuddin, MA menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin 2 tahunan yang menjadi program Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

“Alhamdulillah tahun ini kita akan ke Pekanbaru selama 10 hari. Mulai tanggal 1 Mei berangkat dan pulang 11 Mei. Semoga peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut nantinya, sehingga bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.” ucapnya.

Ia menambahkan, jika ada niatan dan rencana untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Namun memandang kesiapan yang belum sepenuhnya, untuk sementara diurungkan tahun ini. Akan tetapi jika nantinya persiapan dan keadaan memungkinkan, IAIN Pontianak akan mengusulkan untuk menjadi tuan rumah PWN PTK berikutnya.

Dirinya berpesan kepada peserta kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional PTK XIV Riau 2018 untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan rasa tanggungjawab dan penuh semangat, sehingga apa yang dilakukan memiliki dampak, karena nantinya banyak kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Selain itu nantinya peserta akan tinggal di home stay, maka dari itu ia berharap agar semua peserta cepat beradaptasi dengan baik di lingkungan baru.

Tidak hanya itu, Wakil Rektor III ini berpesan kepada Pengurus DEMA, UKM, maupun UKK untuk ikut mempromosikan pramuka. Karena telah menjadi program nasional. Namun kenyatannya, masih banyak mahasiswa yang belum tertarik masuk pramuka. Hal ini menjadi tugas berat bagi pengurus pramuka untuk gencar melakukan sosialisasi tentang beberapa kegiatan pramuka yang berdampak kepada masyarakat dan mendukung pembelajaran, sehingga kegiatan yang dilakukan itu juga memberikan manfaat bagi sivitas akademika sekaligus menjadi ajang promosi IAIN Pontianak.

“Saya kira jika informasi PWN PTK disosialisasikan kepada mahasiswa, dapat menjadi daya tarik yang penting. Sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat bergantian sekaligus menarik perhatian mahasiswa untuk ikut pramuka.” tutupnya mengakhiri pembicaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here