top image

Eagle Awards Documentary Competition merupakan ajang pencarian sineas muda kreatif dalam pembuatan film dokumenter

Eagle Institute Indonesia dari Metro TV bekerjasama dengan STAIN Pontianak menyelenggarakan sebuah program bertajuk Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2013, yaitu program pelatihan dan pembuatan film dokumenter.

Eagle Award#2Dalam penyelenggaraannya EADC 2013 melakukan roadshow ke berbagai Perguruan Tinggi diseluruh wilayah Indonesia. Kampus STAIN Pontianak dipilih sebagai tujuan roadshow untuk yang kedua kalinya di kota Pontianak. Acara dibuka dengan pengenalan program film documenter Eagle Award. Berikutnya, para peserta akan dilatih tentang pembuatan film dokumenter yang akan dibina langsung oleh tim dari Metro TV.

Pada acara open ceremony (7/5) Dr. Hamka Siregar, M.Ag., ketua STAIN Pontianak dalam kata sambutannya mengatakan, momentum Eagle Awards Documentary Competition 2013 dengan tema harmoni Indonesia sangat relevan dengan masyarakat Kalbar yang berbeda-beda suku dan agama dan dengan perbedaan tersebut tidak menjadi sebuah ancaman dan kekerasan, oleh karena itu pesan-pesan harmoni Indonesia sangat perlu.

Selanjutnya, Dr. Hamka Siregar menegaskan bahwa STAIN Pontianak sangat terbuka dengan hal-hal seperti ini (Roadshow Eagle Award), untuk melahirkan karya ditengah kehidupan harmoni dan kedamaian dan berharap semangat dan tradisi Eagle Award tetap terjaga sampai ke depan.

Pada acara pembukaan, audiens juga disuguhkan Meet the Eagle yakni ajang diskusi interaktif dengan para sutradara dan alumni eagle awards, selanjutnya  nonton bareng Film Eagle Awards berupa pemutaran film terbaik eagle dari tahun 2005-2012. Salah satunya yang paling menonjol adalah pemutaran film dukomenter Gaung Sang Penakluk merupakan finalis tahun 2012 yang berasal dari Kalbar.

Eagle Award#3Selain pemutaran film “Gaung Sang Penakluk” yang disutradari Fransiska Rihardini & Mitchel Silvester Vinco finalis eagle award 2012 asal Kalbar, peserta juga berdiskusi langsung kepada vinco sapaan akrabnya yang juga merupakan alumni Eagle Award pada tahun lalu. Acara tersebut diisi oleh Endah W Sulistianti (Program Manager Eagle Institute Indonesia) yang mengadakan Screening Film & Coaching Clinic.

Pelatihan ini merupakan rangkaian acara dari Eagle Award Roadshow 2013 yang mengangkat tema “Harmoni Indonesia.” Adapun beberapa acara yang dijadwalkan pada Eagle Award Roadshow 2013 ini akan menggelar dua rangkaian acara yaitu Screening Film & Coaching Clinic. Pada hari pertama peserta akan diajak untuk screening film (nonton bareng) dokumenter Eagle Award. Sedangkan hari kedua untuk pelatihan pembuatan (coaching) film dokumenter.

Melalui program Eagle Awards ini, anak-anak muda diajak untuk peduli dan kritis terhadap keadaan disekitar mereka dan menjadikan mereka para sutradara dokumenter Indonesia, dan melalui pemikiran anak-anak muda, Eagle Awards mencoba mengajak masyarakat untuk melihat berbagai potensi bangsa Indonesia yang ada dibalik banyaknya permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan demikian sinergisitas antara Eagle Awards dan anak-anak muda menghasilkan cerita inspiratif dari berbagai sudut pandang yang unik dan tegas.

SHARE
Previous articleUnimas Promosikan Studi ke Malaysia
Next articleTahun Kedua Gelar Wisuda Dua Kali

IAIN PONTIANAK, HUMAS – IAIN Pontianak sebagai Perguruan tinggi penyedia jasa pendidikan perlu mengelola citranya. Hal ini akan berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap aspek kualitas pendidikan serta komponen mendasar lainnya yang melekat pada kampus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here