Rektor-iain-pontianak-bedah-buku-karya-jaksa-agung-ri
-

Rektor IAIN Pontianak Rencanakan Bedah Buku Karya Jaksa Agung RI

Pontianak (iainptk.ac.id) Rektor IAIN Pontianak menyambut baik kehadiran dari Koordinator Kejaksaan Tinggi Kalbar Bidang Intelejen, Dr. Lukman Hakim Tuasikal, S.H., M.H., Silaturahmi ini dilakukan untuk menyerahkan 25 eksemplar buku karya dari Jaksa Agung RI, Prof. Dr. ST Burhanuddin, S.H., MM., dengan Judul Keadilan Restoratif dalam Bingkai Hati Nurani. Pertemuan ini berlangsung di Ruang kerja Rektor, pada Rabu (06/07/2022).

Dr. Lukman Hakim Tuasikal, SH., MH., dikesempatan ini menjelaskan “Buku ini berisikan teori dan pengalaman terbaik yang dilakukan kejaksaan dalam menerapkan keadilan dan restoratif dalam proses penegakan hukum. Terlebih saat ini kejaksaan telah menerbitkan Peraturan Kejaksaan RI, no 15 tahun 2020, tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif”.

Beliau menambahkan “Regulasi tersebut tidak hanya merupakan representasi keadilan bagi masyarakat kecil, tetapi juga bagaimana hati nurani jaksa penuntut umum dapat dipergunakan dalam setiap proses penegakan hukum. Jadi ini merupakan suatu karya besar dari Bapak Jaksa Agung RI, dengan harapan dalam proses penegakan hukum beliau selalu menyampaikan ‘Tanyalah pada dirimu, tanyalah pada hati nuranimu, agar terwujud rasa keadilan bagi masyarakat’ yaitu masyakat pecinta akan keadilan”.

Menanggapi hal ini, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, S.Ag., MA., menyampaikan “Buku ini harus menjadi referensi, karena ini adalah karya besar dan merupakan pendekatan baru untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat. Keadilan itu tidak saja dengan pendekatan hukum secara text book, tetapi ada keadilan yang berbasis hati nurani,” jelasnya.

Beliau melanjutkan “Buku ini ingin menempatkan keadilan secara komprehensif tidak hanya berbasis narasi hukum yang text book, tetapi berbasis humanisme. Membuat jera itu bisa karena sentuhan hati nurani, misalnya dengan mengedepankan perinsip perdamaian, yaitu menyelesaikan suatu perkara di luar ruang pengadilan, dan seterusnya,” ujarnya.
Buku ini akan sangat bermanfaat terlebih di IAIN Pontianak ada Fakultas Syariah. Hal ini bisa menjadi tambahan refesensi bagi Dosen dan Mahasiswa di lingkungan IAIN Pontianak.

Selain itu dikesempatan ini Rektor IAIN Pontianak dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., menginisiasi untuk diadakan Bedah Buku/Kuliah Umum secara blending (ada yang daring dan ada yang luring) dengan menghadirkan Bapak Jaksa Agung RI sebagai narasumber utama. Direncanakan kegiatan lanjutan ini akan menghadirkan Sekjen, Dirjen, para Rektor se-PTKIN, serta para Dewan Mahasiswa se-Indonesia serta masyarakat secara umum.

Penulis : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

Print Friendly, PDF & Email