-

Ernawati, Mahasiswa FEBI IAIN Pontianak Raih Gelar Duta Lanceng Praben Kalbar 2024

Pontianak (iainptk.ac.id) Ernawati, seorang mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, telah meraih gelar bergengsi sebagai Duta Lanceng Praben Kalimantan Barat tahun 2024. Puncak kemenangannya diraih dalam sebuah acara Grand Final di Hotel Harris (Sabtu, 1 Juni 2024), yang diselenggarakan selama 3 Hari oleh Ikatan Lanceng Praben Kalimantan Barat dan didukung oleh Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM).

Erna awalnya sempat merasa tidak percaya diri, ketika beberapa orang disekitarnya berkata “Erna , kamu jangan daftar saingan kabupaten itu tidak seperti provinsi, saingan kamu berat-berat kamu tidak mungkin bisa mengalahkan mereka” katanya. “Setelah mendengar perkataan mereka, saya sempat menangis” Ungkap Erna.

Ernawati mahasiswa FEBI Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2023, yang dikenal karena semangatnya yang membara untuk melestarikan budaya lokal, dia tetap bertekad dan mendaftar lewat jalur ke-2. Penampilannya yang memukau dan pengetahuannya yang dalam tentang Lanceng Praben, sebuah budaya tradisional yang kaya akan makna dan nilai-nilai telah menarik perhatian juri dan penonton.

Pemilihan Duta Lanceng Praben tidak semata-mata berfokus pada penampilan fisik semata, melainkan juga pada pemahaman mendalam tentang sejarah, nilai-nilai, dan arti simbolik di balik budaya tersebut. Ernawati, dengan kepribadian yang ramah dan pengetahuannya yang luas, berhasil menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pelestarian warisan budaya daerahnya.

“Sebagai seorang mahasiswa FEBI IAIN Pontianak, saya selalu percaya bahwa memahami dan melestarikan budaya lokal adalah bagian integral dari identitas kita sebagai individu dan sebagai masyarakat,” kata Ernawati dengan penuh semangat saat diwawancarai setelah kemenangannya.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini untuk menjadi duta Lanceng Praben Kalimantan Barat. Saya berharap dapat menggunakan platform ini untuk menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya kita dan memotivasi pemuda pemudi, yang masih ragu akan potensi dirinya, ayo kita mulai dari yang terkecil dulu sehingga kita terbiasa dan berani untuk tampil percaya diri.” Ungkapnya.

Dr. Samsul Hidayat, MA., Dekan FEBI IAIN Pontianak, menyatakan kebanggaannya atas prestasi Ernawati. “Pimpinan fakultas mengucapkan selamat dan bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa FEBI IAIN Pontianak. Prestasi yang diraih selain akan mengharumkan nama Fakultas, juga masyarakat Kalbar secara umum” katanya. “Kami berharap kemenangan Ernawati dapat menjadi contoh dan teladan bagi anak-anak muda dalam berperilaku islami dan berprestasi,” ungkapnya.

Penulis : Erika SM
Editor : Bambang

Print Friendly, PDF & Email