PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Kegiatan Pembinaan Pegawai, Syukuran Akreditasi, dan Maulid Nabi Bersama Anak Yatim dan Parade 500 Tumpeng Daerah berjalan sukses, Jumat (11/01) di Auditorium Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Hadir selaku narasumber Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. KH. Nur Kholis Setiawan, MA.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pemprov Kalbar, anggota DPRD Kota Pontianak, Pangdam XII Tanjungpura, Polda Kalbar, Pemkot Pontianak, Polresta Pontianak, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Kakankemenag Kota Pontianak, Pimpinan Ormas, Pimpinan Bank, Pimpinan Pondok Pesantren, sesepuh, alumni, mahasiswa dan seluruh pejabat IAIN Pontianak.

Acara dimulai dengan penyambutan Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. KH. M. Nur Kholis Setiawan, MA dengan pengalungan Kain Tenun Songket Sambas oleh Prof. Dr. Chairil Efendi (Ketua Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat) diiringi Shalawat Badar oleh mahasantri Ma’had Al-Jami’ah. Kemudian dilanjutkan dengan Ummul Qur’an Oleh: Dr. Saifuddin Herlambang, MA. Acara tersebut semakin khidmat dengan dilantunkannya ayat suci Al-Qur’an oleh Suebi, S.Pd.I.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA didaulat memimpin pembacaan shalawat di depan ratusan hadirin yang hadir dalam kesempatan tersebut. Dengan suara yang merdu dan lantang ia membacakan shalawat penuh khidmat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor IAIN Pontianak dan ceramah agama dalam rangka Pembinaan Pegawai, Syukuran Akreditasi, dan Maulid Nabi Bersama Anak Yatim dan Parade 500 Tumpeng Daerah oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. KH. M. Nur Kholis Setiawan, MA. Selanjutnya ditutup dengan doa yang dipimpin Dulhadi, M.Pd.

Sebelum acara ditutup, Rektor IAIN Pontianak memotong sebagian tumpeng yang berada dihadapannya lalu kemudian memberikan secara simbolis tumpeng tersebut kepada Sekjen Kemenag RI. Hal tersebut pula menandai dipersilahkannya hadirin sekalian untuk menikmati sajian aneka tumpeng yang telah ada di hadapannya. Raut wajah sumringah penuh kegembiraan dan kebersamaan menghiasi wajah dari para hadirin.

Mochammad Hamdan, salah satu hadirin yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan jika kegiatan ini seperti ini sangat bermakna dan langka. Semua yang hadir merasa memiliki dan peduli pada IAIN Pontianak. Hal tersebut terlihat dari sajian aneka tumpeng yang berasal dari sumbangan dan pemberian dari berbagai kalangan baik dari internal IAIN Pontianak maupun para stakeholders dan alumni. “Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi tradisi positif demi kemajuan IAIN Pontianak.” ucapnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here