-

Surveilance Audit ISO Resmi Ditutup. Pimpinan IAIN Pontianak Komitmen Laksanakan Continuous Improvement

Pontianak (iainptk.ac.id) Surveillance Audit International Organization for Standardization (ISO) terhadap Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak telah selesai dilaksanakan. Agenda penutupan atau yang disebut juga dengan closing meeting ini-pun dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan IAIN Pontianak.

Dalam agenda closing meeting tersebut dipaparkan hasil temuan dari beberapa unit diaudit. Auditor  Surveillance ISO, Sholichin Agung Darmawan, selaku Direktur Utama PT. DECRA Group Indonesia menyebut bahwa kedatanganya ingin memastikan 8 temuan tahun lalu.

“Rangkaian dari audit ini adalah closing meeting. Nanti hasil audit ini akan saya buatkan formalnya dan dikirimkan ke Australia. Saya juga sudah ditugaskan oleh Australia untuk memastikan temuan yang tahun kemarin secara formalnya ada 8 tertutupi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd, Ketua Lembaga Penjamin Mutu IAIN Pontianak mengatakan agar temuan hasil audit dapat menjadi pelajaran.

“Hari ini hari ketiga kita dibimbing, diajari sekaligus ditunjukkan bagaimana kita melakukan tata kelola yang terbaik terkait dengan unit kita masing-masing dan IAIN yang sama-sama kita cintai. Kita sudah sama-sama mendapatkan paling tidak temuan di unit kita masing-masing dan tentu kita semua juga sudah tahu apa yang harus kita lakukan,” katanya.

Ia pun mengungkapkan bahwa sulit untuk mencapai cita-cita menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) ketika tidak segera memperbaiki tata kelola. “Tentu cita-cita kita ingin menjadi UIN, mendapatkan hasil APT A atau Unggul dan APS unggul itu sulit rasanya kita peroleh kalau kita tidak memperbaiki sistem tata kelola kita,”ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Dr. M. Edi Kurnanto, M.Pd., menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut. “Saya sebagai Ketua LPM mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pimpinan, di lingkungan IAIN Pontianak yang sudah men-support kegiatan ini dengan baik. Tentu ucapan terima kasih juga kepada Pak Solichin selaku auditor yang sudah mengajari kita, membimbing kita, mengarahkan kita supaya kita memiliki tata kelola yang baik untuk kampus kita ini,” ucapnya.

Kemudian Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (APL), Dr. Ali Hasmy, M.Si., menegaskan bahwa temuan-temuan yang telah dipaparkan oleh auditor harus segera dituntaskan ditahun selanjutnya.

“Temuan ini harus close di tahun depan dan di tahun depan akan ketemu lagi temuan-temuan baru yang harus di close di tahun berikutnya. Dengan proses itu kita akan melakukan continuous improvement. Kita terus berkembang, tidak boleh stagnan. Pertama yang paling penting adalah bagaimana kita meluruskan niat kita agar apa yang kita lakukan ini demi kemajuan IAIN Pontianak. Sebaik-baiknya prestasi itu demi kemajuan IAIN Pontianak.

Sebelum menutup secara resmi kegiatan tersebut, Dr. Ali hasmy, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir pada acara closing meeting tersebut. Serta berpesan agar semangat yang telah dibangun harus di tata dengan sebaik-baiknya.

Beliau melanjutkan “Tentu usaha yang tadi itu harus berlanjut, harus continuous melakukan improvement. karena ini bagian yang penting. Tadi sudah di guidance, kita mau minta ISO dan kita meminta akreditasi itu untuk meng-guidance kita supaya terus berkembang. Yang pasti, hasil itu tidak akan mengkhianati usaha. Terima kasih sudah berperan aktif dan bersemangat. Semangat itu harus kita manage dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Penulsi : Farly dan Bambang

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts