Bina Pegawai, OKPP IAIN Pontianak Tadarus Qur’an Setiap Pagi

0
353 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Kepala Sub Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP) Bagian Umum Biro AUAK, merutinkan kegiatan Tadarus al-Qur’an setiap pagi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak awal tahun 2020. Selain membaca al-Quran secara bergantian, kegiatan ini juga diisi dengan doa dan pemberian motivasi.

Menurut Aspari selaku Kasubbag OKPP IAIN Pontianak, “Kegiatan ini merupakan tindaklanjut arahan dari Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, pada saat evaluasi kinerja Kasubbag tanggal 30 Desember 2019. Beliau meminta kepada setiap Kasubbag untuk melakukan pembinaan kepada para pegawai di unit masing-masing secar rutin. Saya mencoba untuk melakukan sebuah upaya melalui pendekatan spiritual. Mengawali setiap hari kerja, dari jam 07.30-08.00 dengan melaksanakan tadarus bersama.” ujar peraih penghargaan Kasubbag Teladan I IAIN Pontianak tahun 2019 itu.

Saat ditemui di ruang kerjanya, mantan Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga itu menegaskan, “Program yang kami lakukan ini penting untuk memastikan setiap pegawai di Subbag OKPP, bekerja sesuai dengan jam kerja. Artinya jam 07.30 mereka sudah berada di kantor. Sehingga tidak ada lagi pegawai yang hanya sekedar datang absen dan pergi keluar. Di dalam tadarus al-Quran kita juga mengirimkan hadiah untuk para orang tua dengan membacakan Surah Al-Fatihah sebelum memulai mengaji.” terang peraih penghargaan peserta terbaik I Diklatpim IV Balai Diklat Keagamaan Jakarta tahun 2017 itu.

“Kami mengaji secara tadarusan. Masing- masing orang membaca sekitar 5 hingga 10 ayat. Kita juga membaca al-Qur’an secara tartil dan saling mengoreksi kalau ada bacaan yang keliru. Hal ini kita mulai dari mengingatkan dalam membaca al-Qur’an. Nah nanti dalam bekerja juga begitu, Kasubbag tidak selalu benar, bisa saja melakukan kekeliruan yang tanpa disengaja. Setiap pegawai wajib untuk mengingatkan dan begitu juga sebaliknya. Kemudian setelah selesai membaca tadarus kami berdoa dan ada tausiah singkat yang dilakukan secara bergilir setiap harinya. Hal ini dalam rangka saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.” tambahnya menjelaskan.

Ayah dari 5 anak ini juga berharap “Program Tadarus al-Qur’an setiap pagi yang sudah dimulai dari tanggal 07 Januari 2020, dapat terus berlanjut secara istiqamah. Mudah-mudahan ini bisa membawa energi positif bagi teman-teman di Sub Bagian OKPP dan bisa meningkatkan kualitas kinerja teman-teman. Bekerja dengan orientasi akhirat dengan niat ibadah kepada Allah Swt.” ucapnya mengakhiri.

Analis Kepegawaian IAIN Pontianak, Adi Mulyono,S.Sos., yang juga mengikuti tadarus al-Qur’an mengatakan “Kegiatan yang dimulai oleh Kasubbag OKPP sebenarnya sebagai tindak lanjut surat edaran dari Kepala Biro sebelumnya. Kami sebagai tim dari beliau menyambut positif langkah ini karena kita mentradisikan kebijakan yang sudah ada. Walaupun Kepala Bironya pada saat itu Pak Khairunas dan sudah beberapa pergantian Kepala Biro AUAK, tapi tentunya kebijakan positif itu dapat kita lanjutkan.” tutur peraih penghargaan peserta terbaik I Diklat Analis Kepegawaian se-Kalbar tahun 2019 itu.

Editor: Mulyadi
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here