-

IAIN Pontianak Lakukan Sertifikasi Wawasan Kebangsaan untuk Pengurus Ormawa Tahun 2022

Pontianak (iainptk.ac.id) 16/09/2022. IAIN Pontianak menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Wawasan Kebangsaan untuk para pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Kegiatan wajib ini berlangsung di Auditorium Syekh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak.

Turut hadir Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif S.Ag., MA., Wakil Rektor III, Dr. Abdul Mukti, MA., Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Suyati S,Ag., para Dekan dan para Wakil Dekan III setiap Fakultas.

Sertifikasi Wawasan Kebangsaan ini merupakan agenda tahunan bagi mahasiswa IAIN Pontianak agar memiliki pemahaman yang benar seputar kebangsaan serta menjadikan mahasiswa tidak mudah untuk terprovokasi atas gagasan berbasis agama dan budaya.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif S.Ag., MA., menegaskan kita harus berhati-hati pada gagasan-gagasan yang mengandung perpecahan yang berpotensi menghancurkan kerukunan kita. Harapan kita semua dengan adanya sertifikasi ini mahasiswa IAIN Pontianak harus menjadi “Agen” NKRI, Agen Moderasi beragama, Agen Pancasila. Oleh karena itu kita harus memperkuat semangat persatuan kita dengan adanya kegiatan wawasan kebangsaan ini.

Adapun mahasiswa memperoleh beragam materi tentang wawasan kebangsaan, terdapat dua sesi dalam penyampaian materi tentang wawasan kebangsaan. Pada sesi pertama mengenai Pancasila dan UUD 1945 Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia, yang disampaikan oleh Kabinda Prov. Kalbar. Materi selanjutnya tentang NKRI dan Tantangan Masa depan Bangsa, disampaikan oleh Kodam XII Tanjungpura. Materi ketiga mengenai Sejarah Perjuangan Bangsa Teritorial dan Penanganan NKRI, dipaparkan oleh Syafaruddin Daeng Usman. Dilanjutkan pada sesi kedua yang membahas tentang Moderasi Beragama; Relasi Antar Ummat Beragama dan Bingkai NKRI dan Memahami Toleransi Beragama di Kalimantan Barat.

Salah satu peserta kegiatan ini, Olivia mengungkapkan “Menurut saya wawasan kebangsaan ini perlu dilakukan dan wawasan kebangsaan ini kan ada materi yang berkaitan dengan bela negara. Jadi menurut saya itu sangat penting karena bagi mahasiswa zaman sekarang untuk mengetahui akan cintanya pada bela negara itu kurang jadi moment saat inilah yang sangat penting untuk diikuti oleh Mahasiswa-mahasiswa IAIN Pontianak,” ujarnya yang juga merupakan pengurus Menwa IAIN Pontianak.

“Harapan saya semoga mahasiswa IAIN memiliki pemikiran yang lebih bisa terbuka lagi ya, karena-kan tidak menutup kemungkinan nih anak-anak zaman sekarang pemikirannya beragam jadi dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan semoga wawasannya bisa lebih luas lagi,” pungkasnya.

Penulis : Aziiz dan Bambang

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts