PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Rabu, (30/1) Tafakkur Alama (TA) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) As-Salam resmi dibuka dan dilepas oleh Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, di halaman masjid Syeikh Abdul Rani Mahmud.

Dalam sambutannya Kepala Biro AUAK berpesan kepada panitia dan peserta Tafakkur Alam (TA). “Paling tidak ada tiga hal yang harus menjadi starting point.

Pertama, bahwa panitia dan peserta TA adalah melakukan atau perjalanan dakwah. Dakwah yang dicontohkan nabi dan rasul. Oleh karena itu, agar tidak sia-sia, TA ini tidak boleh lari dari tujuan dan semangat dakwah. Peserta memang harus benar-benar mentafakkuri alam, bukan hanya sekedar jalan-jalan. Karena jika hanya untuk jalan-jalan tentu hal ini sangat merugi” jelasnya.

“Kedua, menyatu dengan alam, yakni peserta dan panitia benar-benar memikirkan alam. Apa itu alam, tentang alam, misalnya alam ini terdiri dari 5 unsur, baik itu materi, energi, ruang dan waktu serta peristiwa tentu menjadi sesuatu yang bisa menjadi bahan renungan atau tafakkur kita semua. Apa yang terjadi pada alam saat ini. Sedang bersahabat dengan kita atau marah dengan kita. Itu harus dipikirkan.
Misalnya, di Kalbar ini yang juga sering terjadi kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap, tentu menjadi hal yang menarik kita tafakkuri bahkan bencana alam yang terjadi akhir ini, baik di palu, lampung dan lain-lain, tutur kepala Biro AUAK IAIN Pontianak” lanjut mantan Kakanwil Kemenag Kalbar itu.

“Ketiga, apa panen yang diharapkan dari TA ini. Oleh karena itu, agar panen dari TA ini baik. Maka peserta dan panitia harus menyiapkan sematang mungkin target yang akan dicapai” pungkasnya berkharisma.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here