Lantik 19 Pejabat, Ini Pesan Rektor IAIN Pontianak

0
1,217 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Perkembangan IAIN Pontianak begitu pesat. Termasuk adanya penambahan fakultas baru. Seiring peningkatan mutu, dilakukan pemekaran Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) menjadi dua fakultas yakni Fakultas Syariah (FS) dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Kedua fakultas tersebut dipimpin seorang dekan dan dua wakil dekan. Perubahan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Agama RI Nomor 28 tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 94 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Pontianak, yang ditandatangani Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 20 Desember 2018. Menindaklanjuti regulasi tersebut, rektor IAIN Pontianak melantik 19 pejabat untuk mengisi formasi dengan melalukan promosi dan rolling jabatan.

“9 Pilar Semangat Kerja saya mohon untuk dipahami, dilaksanakan, dan ditularkan dalam setiap kesempatan. Asal bapak ibu tahu, itu merupakan ekstraksi dari beberapa ayat suci al-Qur’an…..”.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor IAIN Pontianak saat menyampaikan sambutan pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, Rabu (30/01) di Aula Gedung Rektorat Lantai IV. Sebanyak 19 pejabat fungsional dan struktural resmi dilantik oleh Rektor IAIN Pontianak. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA, Kepala Biro AUAK, Drs. Syahrul Yadi, M.Si, Ketua Senat Dr. Hj. Nani Tursina, Kepala SPI Dr. Fauziah, para dekan, Direktur Pascasarjana, para kepala pusat, kepala lembaga, dan para Kabag di lingkungan IAIN Pontianak.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA mengajak kepada setiap pejabat yang dilantik untuk memahami, melaksanakan, dan menularkan setiap poin yang tercantum dalam 9 Pilar Semangat Kerja IAIN Pontianak. Hal ini diungkapkannya dalam rangka memaksimalkan potensi dan kinerja secara berkesinambungan. “Saya mohon 9 pilar semangat kerja untuk dijadikan sikap dalam mengelola kinerja dan kepemimpinan. Seperti poin 9 yang berbunyi, aman dan damai itu kita saling melindungi dan menyelamatkan. Endingnya kita saling mengingatkan satu sama lain. Apabila ada persoalan silahkan bermusyawarah. Bermusyawarah itu bertatap muka. Dengan musyawarah dapat menghilangkan prasangka.” terangnya.

Rektor juga mengingkatkan kepada setiap pejabat untuk bekerja sesuai aturan dan regulasi yang ada.

“Dalam poin 3 berbunyi aman dan damai itu kita bekerja sesuai aturan. Artinya dalam mengambil setiap kebijakan haruslah berpedoman pada aturan yang berlaku. Gunakan kalimat tersebut sebaik-baiknya dalam mengemban amanah ini.” ujarnya.

Rektor meminta setiap pejabat yang dilantik untuk meng-guidance rekan di bawahnya dalam rangka menopang kinerja berkualitas demi memajukan IAIN Pontianak. Mulai dari level tertinggi hingga yang terendah sekalipun. Menurutnya jabatan yang diamanahkan hari ini merupakan ujian.

“Dalam satu titik kenikmatan, Allah sediakan satu titik ujian. Oleh karena itu kita harus siap mental untuk menghadapi ujian tersebut. Jangan terlalu uerefouria dengan apa yang kita raih. Sebaliknya jangan terlalu bersedih ketika kenikmatan tersebut diambil. Maka dari itulah pentingnya bersyukur.” jelasnya.

Berikut ini daftar 19 pejabat yang dilantik oleh Rektor IAIN Pontianak:
1. Dekan Fakultas Syariah: Dr. Muhammad Hasan, S.Ag., MA
2. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama Fakultas Syariah: Rasiam, SE.I., MA
3. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Syariah: Rusdi Sulaiman, S.Ag., M.Ag
4. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Dr. H. Fachrurazi, S.Ag., MM
5. Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan, dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Luqman, S.H.I., M.S.I
6. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Ita Nurcholifah, SE.I., MM
7. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu: Dr. Muhammad Edi Kurnanto, S.Ag., M.Pd
8. Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Lembaga Penjamin Mutu: Dr. Erwin, S.Ag., M.Ag
9. Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Drs. Fahrul Razi, M.Pd
10. Ketua Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Anggatia Ariza, ME
11. Sekretaris Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Moch. Riza Fahmi, M.S.I
12. Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Syariah: H. Nuriahman, SE., M.Ag
13. Kepala Bagian TU Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah: Muhammad Syahrun, SE., MM
14. Kepala Bagian TU Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Hj. Khalimah Barozah, SE., MM
15. Kepala Sub Bagian Akademik, Mahasiswa, dan Alumni Fakultas Syariah: Sharach Septiarni Dewi, SH
16. Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Syariah: Heny Rahmawati, S.Pd.I
17. Kepala Sub Bagian Akademik, Mahasiswa, dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Mariyatul Kibtiyah, S.Pd
18. Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Rahmat Gunawijaya, SE., ME
19. Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah: Rahmida, S.Ag

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here