Komsan IAIN Pontianak Lakukan Pementasan di Depan Tokoh Nasional RI

Pontianak (iainptk.ac.id) 22/09/2022. Kehadiran Drama Komedi dari Komunitas Santri (Komsan) IAIN Pontianak membuat peserta terhibur sekaligus teredukasi. Drama ini sebagai pengantar sebelum dilakukannya dialog Islam – Konghucu tentang jalan tengah untuk kemakmuran bersama oleh Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Serta beberapa narasumber yang profesional dibidangnya.

Pementasan ini berjudul Harmonisasi Islam dan Konghucu. Hal ini dalam rangka Perayaan Nasional  Hari Lahir Nabi Agung Kongzi (Zhishengdan) ke-2573, yang berlangsung di gedung Pontianak Convention Center (PCC).

Terdapat 5 pemeran dalam pementasan ini, mereka bernama Rahnang, Zarkasi, Sucipto, Susanto dan Vivien. Dimomen ini Rahnang mengungkapkan isi materi drama komedi ini, “Drama ini dilatarbelakangi fenomena ketika perdebatan agama menjadi permasalahan, maka akan terjadi perselisihan. Sehingga kita harus memahami sebuah permasalahan, terutama dimasyarakat seperti apa itu Agama. Khususnya Agama Konghuchu yang dianut orang keturunan Tionghoa dan agama mayoritas di Indonesia yaitu Islam.”

Beliau yang juga merupakan Dosen IAIN Pontianak melanjutkan, “Pada dasarnya tidak pernah terjadi konflik tentang agama dikalangan masyarakat perkampungan, karena pergaulan dan saling menghargai sudah mengakar. Maka timbul rasa saling menghormati dan nenghargai agama masing masing, sehingga terciptanya toleransi, dan harmonisasi.”

“Ketika Konghuchu menjadi agama resmi di Indonesia semakin menguatkan rasa kebhinekaan itu, agar tak mudah terjadi konflik. Hanya dibutuhkan sosialisasi dikalangan masyarakat untuk memahami bahwa Konghuchu telah menjadi bagian resmi Agama di Indonesia, sejajar dengan Agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha dimata undang – undang negara,” ujarnya.

Adapun yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini, Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, S.Ag., MA., yang turut berpartisipasi sebagai salah satu narasumber dan juga terdapat beberapa narasumber lain seperti : Prof. Dr. Din Syamsuddin, M.A., Ph.D. aktif pada International Centre For Dialogue among Civilization, World Islamic People Leadership, World Islamic School Society dan World Peace Forum. Narasumber yang kedua yakni Prof. Dr. M Ikhsan Tanggok, M.Si., beliau merupakan seorang Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah. Narasumber yang ketiga Ir, Budi Santoso Tanuwibowo., menjabat sebagai Ketua Umum MATAKIN Pusat. dan Narasumber yang terakhir Ws, Urip Saputra yang menjabat sebagai Sekretaris dibidang kerohanian Dewan Kerohanian Pengurus Pusat Matakin, kemudian Rohaniawan Matakin kota Bogor.

Penulis : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

Similar Posts