IAIN Pontianak

Pembinaan ASN IAIN Pontianak, Plt. Sekjen. Kemenag RI Ingatkan 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Selasa, 3 Maret 2020 Pukul 08.40 bertempat di Aula Syrikh A. Rani Mahmud IAIN Pontuanak, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag memberikan pembinaan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, terdiri dari PNS maupun tenaga kontrak/non PNS. Turut hadir pada kesempatan tersebut Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA, dan para pejabat dilingkungan IAIN Pontianak.

Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara dilingkungan Kementerian Agama harus berkomitmen menjadi ASN yang berkualitas, ikhtiar itu bisa dilakukan dengan mengaplikasikan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu layanan yang profesional, inovasi, tanggungjawab, integritas dan keteladanan.

Pertama, profesional terlihat dari indikator bekerja kita, harus semakin meningkat dari baik menjadi sangat baik. Kita harus menguasai bidang fungsional kerja yang ditekuni.

Kedua, inovasi agar kita selalu berkreatifitas, lakukan bid’ah hasanah, supaya kita tidak statis atau mandek, kita harus berkembang, karena berkembang itu adalah sunnatullah, kita harus menjadi inspirator bagi civitas akademik dan stakeholder. Kita harus berjuang untuk menjadi lebih baik.

Ketiga, memiliki tanggungjawab dengan melakukan peningkatan kualifikasi dan kompetensi serta harus selalu mengedepankan kebutuhan masyarakat akademik dan masyarakat secara umum. Apapun yang kita lakukan harus bisa juga kita pertanggungjawabkan secara baik.

Keempat, integritas dalam setiap kerja-kerja yang kita lakukan, karena ASN itu sudah ada kode etik yang menjadi tuntunan batin dan zhahiriah kita.

Kelima, keteladanan dalam segala aspek, terutama tentang kehadiran, karena absensi itu wajib, ingat janji kita ketika disumpah menjadi ASN, jangan sampai menjadi temuan ketika dilakulan audit. Berilah contoh-contoh yang baik sehingga kita bisa menjadi teladan mahasiswa dan masyarakat sebagai pengabdian kepada umat.

Terakhir, beliau mengingatkan agar ASN harus paham segala regulasi yang terkait usaha meningkatkan kualitas dan kualifikasinya, kita juga harus bisa memanfaatkan peluang-peluang. Kita juga harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah Swt, sehingga kita bisa berkontribusi agar umat rukun Indonesia maju.

Editor: Mulyadi
Penulis: Didi Darmadi

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Recent Post :

Sekjen Kemenag RI Sampaikan Asal Usul Tradisi Halal Bihalal
Halal Bihalal, Gubernur Ingin Kalbar memiliki Sumber Daya Manusia yang baik
Halal Bihalal, Rektor IAIN Pontianak Sampaikan 4 Pilar Program Kerja
Penandatanganan Kontrak Penelitian Tahun 2022, Outcome Jurnal dan Buku
Rektor Hadiri Halal Bihalal Kejati Kalbar, Menanggalkan Egoisme untuk Kebersamaan dalam Memperkokoh Keberagaman

Information :