Tahun 2020 IAIN Pontianak Lebih Fokus pada Peningkatan Kualitas SDM

0
291 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Pontianak menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Akreditasi 9 Kriteria. Kegiatan yang berlangsung di Aula Syekh Abdul Rani Mahmud berlangsung pada hari Senin (16/12) pagi. Kegiatan yang dibuka oleh Rektor IAIN Pontianak ini dihadiri oleh pejabat dilingkungan IAIN Pontianak beserta perwakilan dari Organisasi Kemahasiswaan di Kampus Islam Pertama di Kalbar ini.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA menyampaikan “Ini satu langkah yang telah kita penuhi, yang harus kita lakukan adalah mulai mengikis wujud kegiatan yang ritualistik. SPMI yang ada harus kita pedomani serta dilaksanakan, kemudian dokumentasikan pelaksanaannya. Tahun 2020 saya mengajak kita semua fokus untuk upgradeing mutu terutama SDM. Kita akan rembukkan dengan serius. Karena tahun pertama saya menjabat tentang pengelola keuangan sudah mapan, dengan disiplin dan non tunai.”

“Tahun pertama kita juga banyak belanja perangkat dan sistem aplikasi serta jaringan internet, dalam rangka memenuli beberapa item layanan akses kepada mahasiswa.  oleh karena itu akan ada SOP yang terkait dengan sistem itu. Maka bapak dan ibu wajib bersikap untuk mengikuti langkah-langkah terkait alih tekhnologi. ” Tagas beliau.

Panitia sudah mempersiapkan dua narasumber dalam sosialisasi ini, pertama Ketua LPM Dr. Edi Kurnanto, M.Pd., yang memaparkan “Kegiatan sosialisasi SPMI merupakan hasil evaluasi pada tahun 2019. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan LPM. Pertama kegiatan workshop kebijakan mutu dan standar mutu. Kemudian pada bulan Oktober kita membentuk tim revisi SOP dan manual mutu, yang merupakan bagian penggerak dari SPMI.”

Beliau menambahkan “Saya yakin hasil revisi pertama ini lebih komprehensif, lebih lengkap dibandingkan SPMI yang kita buat tahun 2016 yang lalu. Kalau kita semua bisa menjalankan SPMI ini dengan baik, dengan tertib, maka Insyaallah kita akan bisa mencapai kualitas yang kita inginkan. Ini perlu keseragaman, ini perlu kerjasama yang ulet bagi kita semua selaku pengelola lembaga ini, karena penjamin mutu itu tidak mungkin hanya bisa dilakukan oleh LPM. Kita ingin mutu kita ini betul-betul terjaga mulai dari level yang paling depan (Prodi) dampai ke level rektorat.”

“Dokumen yang kita sosialisasi hari ini terdiri dari, pertama Kebijakan Mutu SPMI, kedua Manual Mutu SPMI, ketiga Standar Mutu dan keempat Manual Mutu.” Tambah Dr. Edi Kurnanto dalam katasambutannya.

Editor: Mulyadi
Penulis: Bambang Eko Priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here